Salin Artikel

Pemkab Magetan Perluas Lahan Tanam Padi untuk Program IP 400

Program IP 400 adalah penanaman padi sebanyak empat kali setahun untuk menggenjot produksi padi dan mendorong ketahanan pangan yang dilakukan oleh Pemkab Magetan.

Adapun lahan akan diperluas dari dua hektar menjadi 15 hektar.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan Uswatun Chasanah mengatakan, peningkatan luasan lahan program penanaman padi IP 400 ditujukan untuk memperkuat ketahanan pangan di Kabupaten Magetan.

“Program IP 400 di Krowe itu hasilnya cukup berhasil dan harganya cukup bagus, makanya kita akan perluas menjadi 15 hektar,” ujarnya ditemui di ruang kerjanya Selasa (5/3/2024).

Uswatun Chasanah menambahkan, pengembangan program IP 400 tahun ini akan dilaksanakan di Kecamatan Bendo dan Kecamatan Takeran.

“Kalau di Krowe kemarin 2 hektar, tahun ini ada peningkatan luasan antara 10 hingga 15 hektar di Kecamatan Bendo dan Kecamatan Takeran, untuk percontohan masing masing kecamatan,” kata dia.

Uswatun Chasanah menambahkan, untuk mendukung perluasan program tanaman IP 400 Dinas Petanian Kabupaten Magetan memberikan bantuan bibit unggul kepada petani, peningkatan produksi serta pekarangan pangan lestari.

“Untuk program ketahanan pangan kita ada beberapa program di antaranya bibit unggul kepada petani, peningkatan produksi serta pekarangan pangan lestari,” katanya.

Harga gabah kering di Kabupaten Magetan saat ini masih cukup tinggi karena petani di Kabupaten Magetan belum memasuki masa panen akibat mundurnya masa tanam pertama di tahun 2024.

Panen di Magetan diperkirakan akan terjadi di bulan Maret dan April mendatang.

“Ini kan belum ada panen, diperkirakan akan panen raya akhir Maret dan April. Dengan IP 400 kita harapkan akan meningkatkan kesejahteraan petani,” ucapnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/05/131018878/pemkab-magetan-perluas-lahan-tanam-padi-untuk-program-ip-400

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke