Salin Artikel

Polisi yang Pukul Demonstran Penolak Rekapitulasi Suara di Pamekasan Minta Maaf

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Anggota Kepolisian Resor Pamekasan, Jawa Timur, Aiptu Joko Wiseno meminta maaf atas insiden pemukulan yang dilakukannya terhadap orator demontrasi penolakan rekapitulasi suara yang dilakukan KPU Pamekasan di gedung PKPRI Pamekasan, Sabtu (2/3/2024). Saat kejadian, Joko Wiseno sedang mengamankan aksi tersebut.

Proses permintaan maaf dilakukan di Aula Jaka Tarub Polres Pamekasan pada Minggu (3/3/2024). Permintaan maaf difasilitasi Kapolres Pamekasan AKBP Jazuli Dani Iriawan dan dihadiri oleh korban pemukulan, Samhari.

Dani Iriawan menjelaskan, ada kesalahpahaman antara anggotanya dengan salah satu orator demonstrasi yang sempat bersitegang saat melakukan pengamananan rekapitulasi. Oleh sebab itu, kesalahpahaman itu tidak boleh berlarut-larut sehingga pihaknya mengambil inisiatif untuk mendamaikan kedua belah pihak.

"Antara Samhari dan anggota saya yang diduga melakukan kekerasan sudah sama-sama memaafkan," kata Dani Iriawan melalui rilis yang disampaikan pada Senin (4/3/2024).

Pria kelahiran Jakarta tahun 1982 ini bersyukur karena kebesaran hati Samhari, masalah ketegangan bisa diselesaikan dengan baik.

"Kami dari Polres Pamekasan mengapresiasi dan terima kasih yang luar biasa. Ke depan akan menjadi koreksi buat kami terhadap pengawasan anggota, mudah-mudahan hal demikian tidak terulang kembali," harapnya.

Sementara itu, Samhari mengatakan, di arena demonstrasi apa pun bisa terjadi, termasuk gesekan fisik yang sifatnya refleks.

"Saya orang lapangan pasti tahu seperti apa kondisinya jika demontrasi. Maka saling memaafkan adalah jalan terbaik," kata Samhari.

Berdasarkan rekaman video yang beredar, saat Samhari berorasi dengan penuh semangat, tiba-tiba tangannya refleks menyentuh wajah Aiptu Joko Wiseno. Dengan refleks pula, Joko Wiseno memukul wajah Samhari.

Akibatnya, keributan terjadi antara pendemo dan polisi. Keributan itu berakhir setelah dilerai oleh anggota polisi lainnya yang berbaju preman.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/04/222045478/polisi-yang-pukul-demonstran-penolak-rekapitulasi-suara-di-pamekasan-minta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke