Salin Artikel

Ledakan di Mako Brimob Surabaya, Kapolda Jatim: Belum Ada Laporan Korban Jiwa

KOMPAS.com  - Ledakan terjadi di markas komando (Mako) Brigadir Mobil (Brimob) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tmur, di Jalan Raya Gresik, Surabaya, Jawa Timur, Senin (4/3/2024).

Akibat ledakan sejumlah bangunan dan kendaraan di sekitar titik ledakan alami rusak. 

Kapolda Jatim Irjen Imam Sugianto mengatakan, ledakan terjadi pukul 10.15 WIB. Pihaknya juga belum menerima laporan adanya korban jiwa. 

"Sampai saat ini belum ada korban jiwa, hanya kantor sama satu mobil yang berisi perlengkapan untuk peledakan," terangnya.

"Kerugian material kantor sama satu mobil yang berisi perlengkapan untuk peledakan jibom," tambahnya. 

Low explosive

Sementara itu, Imam menjelaskan, ledakan di Mako Brimob Polda Jatim itu termasuk berdaya ledak rendah atau low explosive. 

Lalu sumber ledakan berasal dari bahan-bahan peledak sisa perang yang akan dimusnahkan. 

"Jadi kebetulan Jibom Gegana Polda Jatim ini belum memiliki gudang yang standar jadi sisa bahan peledak itu disimpan di sebelah kantornya, pagi tadi meledak," kata dia.

Penjagaan ketat

Seperti diberitakan sebelumnya, suara ledakan terdengar sangat keras. Setelah ledakan, petugas segera melakukan sterilisasi dan olah tempat kejadian perkara. 

Selama penyelidikan, lokasi ledakan mendapat penjagaan ketat. Akses jalan di depan Mako Brimob sempat ditutup sementara. 

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto mengatakan, proses oleh tempat kejadian perkara melibatkan Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim dan Satuan Reserse Polres Tanjung perak. 

"Sekarang masih proses olah TKP. Semacam mortir temuan sisa perang yang belum sempat didisposal. Rencananya akan didisposal minggu-minggu ini, katanya, dilansir dari Tribunnews.com. 

(Penulis: Achmad Faizal, Editor: Pythag Kurniati)

Artikel ini telah tayang di Surya.co.id dengan judul: BREAKING NEWS Viral Kabar Ledakan di Markas Brimob Surabaya, Tim Labfor Diterjunkan

https://surabaya.kompas.com/read/2024/03/04/142257978/ledakan-di-mako-brimob-surabaya-kapolda-jatim-belum-ada-laporan-korban-jiwa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke