Salin Artikel

Ambulans Partai Demokrat yang Tabrak 5 Motor di Surabaya Milik Relawan untuk Kampanye

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Arief Fazlurrahman mengatakan, pihaknya telah mengonfirmasi kepada Partai Demokrat, terkait kecelakaan tersebut.

Akan tetapi, seluruh pihak Partai Demokrat mengaku tidak memiliki ambulans dengan warna asli silver dan bernomor polisi L 1890 AZ tersebut.

"Sudah dicek ke DPP (Dewan Pengurus Pusat) ataupun DPD (Dewan Perwakilan Daerah) salah satu partai yang ada di Surabaya, hasilnya nihil," kata Arief, ketika dikonfirmasi melalui pesan, Kamis (29/2/2024).

Akhirnya, polisi mendapatkan informasi bahwa ambulans tersebut milik sebuah yayasan. Kemudian, relawan menggunakanya untuk kampanye selama pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Kendaraan tersebut terdaftar atas nama yayasan, yang sempat dipakai oleh relawan untuk kegiatan kampanye pada saat masa kampanye lalu," ucapnya.

Saat ini, lanjut Arief, seluruh atribut partai yang menempel di ambulans tersebut sudah dilepas. Untuk menghindari adanya kesalahpahaman di masyarakat apabila terjadi peristiwa serupa.

"Saat ini atribut-atribut partai dari ambulans tersebut sudah dilepas," ujarnya.

Lebih lanjut, Arief mengungkapkan, petugas sudah menangkap pengemudi ambulans tersebut.

Selain itu, penyidik juga telah memintai keteranganya terkait peristiwa tabrakan yang dialami.

"Pengendara ambulans sudah diperiksa dan dimintai keterangan. Tidak ada unsur kesengajaan pada saat terjadinya kecelakaan," jelasnya.

Pengemudi tersebut mengaku sengaja melarikan diri setelah menabrak kelima sepeda motor. Dia takut dihajar warga sekitar yang sudah berkumpul di sekitar Jalan Simokerto.

"Adapun yang bersangkutan melarikan diri karena panik. Dia khawatir akan dikeroyok orang banyak," jelasnya.

Saat ini, kata Arief, para korban dan pengemudi ambulans tersebut sudah dipertemukan. Mereka sepakat untuk menyelesaikan perkara itu menggunakan jalur damai.

"Penyelesaian kecelakaan dengan kerugian material, ditempuh melalui jalur kekeluargaan dan restorative justice," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/02/29/221258578/ambulans-partai-demokrat-yang-tabrak-5-motor-di-surabaya-milik-relawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke