Salin Artikel

Pemkot Batu Siapkan Angkutan Gratis untuk Pelajar SD hingga SMA

BATU, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Batu akan memberikan fasilitas angkutan umum gratis bagi pelajar di Kota Batu, Jawa Timur. Rencananya, program tersebut akan diuji coba mulai Maret 2024 mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu, Hendri Suseno mengatakan, program angkutan gratis bagi pelajar tersebut berlaku mulai tingkat SD, SMP dan SMA.

"Sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun 2023 lalu. Kita upayakan pada bulan Maret sudah dilakukan uji coba dan pada bulan April mulai kita launching sesuai arahan dari Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai," kata Hendri pada Rabu (28/2/2024).

Program angkutan gratis bagi pelajar ini juga diharapkan dapat membantu mengatasi persoalan angkot yang sepi penumpang karena tergeser atas kehadiran transportasi online.

Dalam perencanaannya, angkutan gratis bagi pelajar ini akan memanfaatkan armada angkutan kota (angkot) di Kota Batu. Total ada sekitar 42 angkot yang dapat memfasilitasi sekitar 504 pelajar pada tahap awal.

"Untuk jumlah pastinya masih dalam tahap kajian. Yang jelas kita mendapatkan anggaran antara Rp 900 juta sampai RP 1 miliar. Ini untuk mengganti akomodasi para sopir angkot yang mengikuti program angkutan gratis pelajar," katanya.

Penyediaan fasilitas tersebut ditujukan untuk memastikan keselamatan bagi pelajar. Hal itu mengingat tingkat pelanggaran dan kecelakaan para pelajar cukup tinggi.

Sementara itu, Kabid Angkutan Dishub Kota Batu, Hari Juni Susanto menyampaikan, angkot yang dipilih sebagai angkutan gratis tersebut sudah memenuhi standar pelayanan minimum (SPM).

"Angkutannya sudah memenuhi SPM. Seperti, kebersihan angkutan dan keselamatan dalam berkendara harus diutamakan, kemudian sopir tidak boleh merokok," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/02/28/190428078/pemkot-batu-siapkan-angkutan-gratis-untuk-pelajar-sd-hingga-sma

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke