Salin Artikel

39 Rumah Rusak akibat Hujan Es dan Angin Kencang di Sidoarjo

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebanyak 39 rumah di sejumlah wilayah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, dilaporkan mengalami kerusakan usai dilanda hujan es disertai angin kencang pada Senin (26/2/2024). Selain itu, sebanyak 16 pohon tumbang.

"Total ada 39 rumah, tiga tempat kos dan satu fasilitas umum rusak ringan," kata Kepala BPBD Sidoarjo Dwidjo Prawito ketika dikofirmasi melalui pesan pada Selasa (27/2/2024).

Dwidjo mengatakan, puluhan banguan rusak akibat hujan es dan angin kencang tersebut terjadi di sejumlah desa di dua kecamatan. Yakni, di Kecamatan Sidoarjo dan Kecamatan Buduran.

"Kecamatan Sidoarjo ada lima desa, total 30 rumah. Lalu di Kecamatan Buduran, ada sembilan rumah di satu desa yang rusak," jelasnya.

Sedangkan, sebanyak 16 pohon dilaporkan tumbang di sejumlah jalan utama maupun perumahan. Yakni, mencakup wilayah Kecamatan Sidoarjo, Kecamatan Buduran, dan Kecamatan Candi.

"BPBD Sidoarjo langsung melakukan pengecekan di lokasi kejadian dan berkoordinasi dengan pemerintah desa dan kecamatan terdampak. Korban (luka atau meninggal) nihil," ujarnya.

Kemudian, kata Dwijo, pihaknya meminta bantuan sejumlah pihak untuk membersihkan pohon tumbang itu. Sebab, hal tersebut mengakibatkan kemacetan kendaraan di sejumlah lokasi.

"BPBD Sidoarjo berkoordinasi dengan BPBD Jatim, Call Center 112, DLHK, pramuka, PMI dan masyarakat setempat untuk melakukan pemotongan dan pembersihan pohon tumbang," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, hujan es dan angin kencang terjadi di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada Senin (26/2/2024).

Kepala Stasiun BMKG Kelas 1 Juanda, Taufiq Hermawan mengatakan, hujan es di wilayah Sidoarjo tersebut disebabkan oleh ketinggian awan cumulonimbus.

"Terpantau ketinggian awan cumulonimbus saat kejadian es mencapai lebih dari 8 kilometer," kata Taufiq, ketika dikonfirmasi melalui pesan.

"Awan cumulonimbus ini memungkinkan terbentuknya kristal-kristal es di puncak awan yang dapat turun menjadi hujan es," tambahnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/02/27/182444078/39-rumah-rusak-akibat-hujan-es-dan-angin-kencang-di-sidoarjo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke