Salin Artikel

Akun Instagram Resmi Pemkab Banyuwangi Diretas Jadi Tempat Jual Ponsel

Media sosial yang mendapat serangan peretasan tersebut berupa akun Instagram dengan nama @Banyuwangi_kab, Jumat (16/2/2024) siang.

Akun yang sedianya menjadi corong bebagai kegiatan Pemkab Banyuwangi itu diganti dengan lima foto dan narasi promo penjualan ponsel jenis iPhone.

Tak hanya di bagian unggahan Instagram, kanal story Instagram juga mendapat serangan siber. Peretas juga memposting promo penjualan iPhone.

Instagram resmi Pemkab Banyuwangi itu sebelumnya sempat mengunggah ajakan untuk mencoblos pada 14 Februari 2024.

"Luur.. gek ndang nyoblos, jam 1 awan gek tutup (Saudara, ayo cepat mencoblos, jam 1 siang akan tutup)," demikian narasi yang diunggah pada Rabu (14/2/2024).

Dalam unggahan itu, terdapat video Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas dan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani sedang mencoblos bareng ke TPS.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Banyuwangi, Bibin Widyatmoko, membenarkan dugaan serangan siber tersebut.

"Betul. Mohon waktu proses diperbaiki karena ada yang tidak pas," kata Bibin kepada Kompas.com, Jumat (16/2/2024).

Menurut Bibin, saat ini tim siber Pemkab Banyuwangi tengah melakukan penelusuran terkait dengan hal tersebut.

Hingga saat ini, belum diketahui siapa pihak yang telah melakukan serangan siber ke Instagram resmi Pemkab Banyuwangi itu.

"Yang hack sedang dilacak juga," ungkap Bibin.

Berikut isi narasi yang diunggah Instagram resmi Pemkab Banyuwangi:

"HALO TEMAN TEMAN, KHUSUSNYA UNTUK PARA FOLLOWERS @banyuwangi_kab, KAMI SEDANG MENGADAKAN PROMOH TEBUS MURAH KHUSUSNYA UNTUK 2 ORANG TERCEPAT DAN BERUNTUNG, NEW 2 UNIT IPHONE 14 PROMAX 256 GB GARANSI RESMI IBOX 100 1 TAHUN, SYARAT & KETENTUANNYA SILAHKAN IKUTI."

Warna deep purple Tebus 8.888.000/pcs. iPhone yang kami give kan ini 100% garansi resmi ibox, dan kami jadikan sebagai hadiah klaim give tebus murah buat followers kami.

Syarat dan ketentuan klaim give tebus murahnya:

Wajib Follow @banyuwangi_kab

Minimal Like 5 Postingan @banyuwangi_kab

• Peserta tercepat dan memenuhi syarat.

• Wajib klaim melalui via WhatsApp, Fast respown WA : 0838 2279 0657

https://surabaya.kompas.com/read/2024/02/16/154438978/akun-instagram-resmi-pemkab-banyuwangi-diretas-jadi-tempat-jual-ponsel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke