Salin Artikel

1 Petugas KPPS di Malang Meninggal Dunia Diduga karena Kelelahan

Ia bertugas di tempat pemungutan suara (TPS) 7 Desa Ngadirejo, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang. Ia dilaporkan meninggal dunia pada Kamis pukul 14.24 WIB.

Komisioner KPU Kabupaten Malang, Mahaendra Pramudya Mahardika menjelaskan korban sempat dibawa ke puskesmas setempat saat bertugas melakukan penghitungan suara hasil pemilu, Rabu (14/2/2024) malam.

"Sebenarnya tadi malam sudah dibawa ke puskesmas setempat lalu kemudian dirujuk ke rumah sakit. Pas di rumah sakit tadi informasinya meninggal dunia," ungkapnya saat dikonfirmasi Kamis (15/2/2024) sore.

Dika mengaku belum mengetahui secara pasti penyebab meninggalnya anggota KPPS tersebut. Namun, ia menduga korban meninggal karena kecapekan.

"Tapi kalau akibat insiden lain, kami pastikan tidak. Tidak ada kejadian lain saat itu," tegasnya.

Apakah korban mempunyai riwayat penyakit? Dika mengaku belum tahu pasti. Saat ini, tim Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sedang mendalami hal tersebut.

Namun, peristiwa itu menurut Dika tidak menggangu proses penghitungan suara. Sebab, masih bisa dilanjutkan oleh 6 orang lainya.

"Setelah korban dibawa ke rumah sakit, penghitungan tetap berjalan. Kan masih bisa dijalankan oleh 6 orang petugas lainnya," jelasnya.

"Saat ini, penghitungan sudah selesai. Bahkan, tadi malam penghitungan juga dinyatakan selesai," imbuhnya.

Dika menerangkan, beberapa petugas KPPS di Kabupaten Malang memang ada yang berusia lanjut. Namun, menurutnya mayoritas adalah orang yang masih berusia produktif.

"Usia produktif itu spesifiknya adalah Gen-Z," katanya.

Untuk mengantisipasi peristiwa seperti dialami Salmiati Ningsih, KPU Kabupaten Malang sebelumnya sudah mengarahkan kepada petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sekaligus Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan, sebagai bentuk jaring pengaman.

"Meski untuk pembayaran preminya tetap dilakukan secara mandiri, karena tidak ada anggaran untuk hal itu di KPU Kabupaten Malang. Tapi setidaknya kami sudah mengarahkan sebagai bentuk jaring pengaman bagi petugas Pemilu 2024 di Kabupaten Malang," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/02/15/192223178/1-petugas-kpps-di-malang-meninggal-dunia-diduga-karena-kelelahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke