Salin Artikel

Melihat 65 Tahanan Polres Malang Gunakan Hak Pilihnya

Partisipasi hak pilih 65 tahanan itu disalurkan melalui Tempat Pemungutan Suara (TPS) Keliling yang berasal dari lima TPS di sekitar Polres Malang, yang masuk di kawasan Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Tampak beberapa petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) datang membawa logistik pemilihan umum (Pemilu) ke rumah tahanan (rutan) Polres Malang dikawal polisi.

Kepala Satuan Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polres Malang Iptu Agus Suryadi Prihanto mengatakan, jumlah tahanan di Rutan Polres Malang sebanyak 81 orang tahanan.

Sebanyak 33 orang tahanan titipan dari Polsek Jajaran dan 15 orang tahanan titipan dari Kejaksaan Negeri Kepanjen.

"Sisanya tahanan kasus Narkoba dan Satreskrim," terangnya ditemui Kompas.com di Mapolres Malang, Rabu (14/2/2024).

Dari 81 tahanan itu, sambung Agus, sebelumnya sudah dilakukan verifikasi oleh KPU dan petugas Dispendukcapil Kabupaten Malang. Namun, hanya 65 orang tahanan yang punya hak pilih.

"Setelah dilakukan verifikasi total yang punya hak suara 65 orang tahanan," jelasnya.

Agus memastikan proses pemungutan suara di rutan Polres Malang itu berjalan lancar. Para tahanan cukup antusias mengikuti jalannya pencoblosan.

"Alhamdulillah mereka ini antusias ya, sehari sebelumnya bahkan sudah tanya kapan waktu nyoblosnya, dan kami beritahu mungkin agak siangan petugas TPS pasti akan ke sini. Antusias sekali, dan Alhamdulillah ini berjalan dengan lancar. Aman dan situasi dapat kondusif," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/02/14/154340478/melihat-65-tahanan-polres-malang-gunakan-hak-pilihnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke