Salin Artikel

Petugas KPPS di TPS Surabaya "Cosplay" Anime Bertema Jepang

SURABAYA, KOMPAS.com - Salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Surabaya, menggunakan tema kostum anime alias cosplay. Hal itu untuk menarik animo para pemilih di pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Berdasarkan pantuan Kompas.com, TPS Kelurahan Banjar Sugihan, Kecamatan Tandes, itu tampak dihiasi bunga sakura berwarna merah muda, di bagian pintu masuknya.

Sejumlah hiasan dengan nuansa Jepang, mulai gapura, lampion, bunga dan payung diletakan di sejumlah sudut TPS. Sedangkan, anggota KPPS juga mengenakan kostum anime saat bertugas.

Ketua RT 05, RW 01, Kelurahan Banjar Sugihan, Agus Santoso mengatakan, TPS 50 tersebut sengaja mengangkat tema perkampungan Jepang dalam gelaran Pemilu 2024, ini.

"Untuk TPS memang mengambil konsep cosplay Jepang yang kita usung sesuai dengan tema kampung kita, Kampung Jepang," kata Agus, saat ditemui di lokasi, Rabu (14/2/2024).

Agus mengungkapkan, para petugas membeli sendiri pakaian tersebut menggunakan uang pribadi. Mereka ingin agar para pemilih tertarik, sehingga ikut menyemarakan pesta politik lima tahunan itu.

"Ini baru pertama kali menggunakan tema Jepang, menarik minat warga biar menyalurkan suaranya. Beli baju sendiri, mereka ingin bantu kontribusi masa kedatangan warga," jelasnya.

Diketahui, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 50 tersebut, ada sebanyak 281 orang. Tercatat sekitar 80 persen pemilih di lingkungan itu sudah memberikan suaranya, hingga pukul 11.00 WIB.

Dengan demikian, Agus berharap agar masyarakat menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024 ini. Selain itu, dia berniat untuk mengembangkan kampungnya menjadi destinasi wisata.

"Harapan kami warga RT 05 tidak ada yang golput, hampir semua warga sudah datang (memilih). Harapan besar kami biar RT 05 kami menjadi destinasi wisata, khususnya Surabaya," tutupnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/02/14/152606678/petugas-kpps-di-tps-surabaya-cosplay-anime-bertema-jepang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke