Salin Artikel

Penghuni Liponsos Surabaya Dipastikan Ikut Mencoblos

SURABAYA, KOMPAS.com - Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Surabaya, Jawa Timur, bakal ikut menggelar pencoblosan Pemilu 2024. Penghuni Liponsos yang merupakan Orang dengan Ganguan Jiwa atau ODGJ dipastikan ikut menyalurkan hak suaranya.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Surabaya Anna Fajriatin mengatakan, Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Liponsos diberi nama TPS Penuh Cinta. TPS itu didesain dengan balon berbentuk hati.

Ada dua TPS di Liponsos, yakni reguler yang digunakan untuk mencoblos warga sekitar. Sedangkan, TPS khusus diperuntukan bagi 582 penghuni yang memiliki hak suara.

"TPS sudah disiapkan, KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) juga siap. Kalau persiapan khusus enggak ada, sama seperti di luar," kata Anna ketika dihubungi melalui telepon, Selasa (13/2/2024).

Anna mengungkapkan, pihaknya akan terlebih dulu memastikan kondisi kesehatan para ODGJ tersebut. Kemudian, mereka baru melakukan proses pencoblosan secara bergantian.

"Mereka harus dalam kondisi sehat, artinya sudah makan pagi, minum obat, intinya kondisinya sehat dan tidak membahayakan orang lain," jelasnya.

"(Para penghuni) enggak dibantu (mencoblos), kalau kita mengaturnya dari barak, kemudian menunggu giliran di ruang tunggu, nanti mengalir, jadi enggak dikeluarkan semua," tambahnya.

Lebih lanjut, kata Anna, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelumnya sudah melakukan rangkaian sosialisasi. Oleh karena itu, para penghuni diperkirakan sudah bisa menentukan pilihanya.

"Sudah ada proses dari KPU, sudah sosialisasi, kemudian debat juga lihat. Jadi ya sama seperti yang lain, sama. Kalau saya berharapnya semoga besok berjalan lancar," tutupnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/02/14/061458278/penghuni-liponsos-surabaya-dipastikan-ikut-mencoblos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke