Salin Artikel

Viral, Pria Berpakaian Pengantin Keliling Kampung di Sumenep Ajak Warga Tak Golput dalam Pemilu 2024

Belakangan, video itu diketahui diambil di Desa Manding Laok, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep.

Pria yang mengenakan kostum blangkon, baju pengantin, jarik, lengkap dengan sebuah keris di pinggangnya tersebut siang diketahui bernama Amir.

"Kepada seluruh masyarakat Manding, jangan lupa hari Rabu 14 Februari 2024 jangan lupa merapat ke TPS, karena ada pemilihan umum serentak se-Indonesia," kata Amir dalam video itu seperti dilihat Kompas.com, Senin (12/2/2024).

Amir lantas mengajak seluruh warga mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) yang sudah disiapkan penyelenggara pemilu dalam hal ini komisi pemilihan umum (KPU).

"Silakan datang ke TPS terdekat yang sudah disediakan oleh panitia pemungutan suara. Tanggal 14 Februari jangan sampai lupa (datang ke TPS)," tuturnya.

Saat dihubungi Kompas.com, Amir mengaku ajakan untuk tidak golput tersebut merupakan inisiatif sendiri. Dirinya mengaku bukan bagian dari penyelenggara pemilu.

"Bukan (bagian dari petugas). Itu murni inisiatif saya sendiri, tujuannya untuk mengajak masyarakat antusias datang ke TPS dan menggunakan hak suaranya yang akan sangat menentukan masa depan Indonesia," pungkasnya.

Berdasarkan data KPU, daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kabupaten Sumenep sebanyak 877.135 orang.

Mereka akan memberikan suara di 3.863 TPS, tersebar di 27 kecamatan, meliputi daerah daratan dan kepulauan.

Golput merupakan singkatan dari golongan putih. Istilah ini merujuk mereka yang cuek atau apatis sehingga tak datang ke tempat pencoblosan untuk menggunakan hak suaranya dalam sebuah pemilihan umum.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/02/12/110438678/viral-pria-berpakaian-pengantin-keliling-kampung-di-sumenep-ajak-warga-tak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke