Salin Artikel

Jalan Terjal Pengiriman Logistik Pemilu ke Pulau Terluar Sumenep, Tempuh 13 Jam Perjalanan Laut

Komisioner KPU Kabupaten Sumenep itu, harus memastikan pada Sabtu (3/2/2024) seluruh logistik pemilu akan didistribusikan ke pulau tersebut.

Pulau Masalembu merupakan pulau terluar di Kabupaten Sumenep dengan jarak tempuh sekitar 12 jam perjalanan laut dari Pelabuhan Kalianget.

Jika cuaca tak bersahabat, perjalanan menuju Masalembu bisa lebih lama dari itu.

"Makanya kita harus memastikan kondisi cuaca baik, jika tidak, kita harus tunda pengiriman atau kita minta bantuan kapal milik TNI AL untuk pengiriman," kata Rafiqi, Jumat (2/2/2024) malam.

Seluruh logistik Pemilu untuk Kepulauan Masalembu akhirnya diputuskan untuk dikirim melalui kapal reguler yakni Sabuk Nusantara 92, Sabtu (9/2/2024).

Logistik yang dikirim ke Masalembu diangkut menggunakan lima truk dari gudang KPU Sumenep menuju pelabuhan.

Truk-truk selanjutnya menaiki kapal di Pelabuhan Kalianget Sumenep menuju Masalembu.

Berdasarkan data KPU Sumenep, terdapat 95 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024 di Kecamatan Masalembu yang tersebar pada empat desa di tiga pulau.

Masing-masing Desa Masalima dan Sukajeruk di Pulau Masalembu, Desa Masakambing di Pulau Masakambing, dan Desa Karamian di Pulau Karamian.

Pulau-pulau tersebut, lanjut Rafiqi, secara geografis memang lebih dekat dengan pulau Kalimantan daripada Pulau Madura itu sendiri.

"Makanya untuk distribusi logistik pemilu ke Masalembu kita dahulukan, mengingat jarak tempuh yang berbeda dibandingkan dengan TPS lain di Sumenep," tuturnya.

Untuk diketahui, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Sumenep sebanyak 877.135 orang. Rincian 414.340 laki-laki dan 462.795 perempuan.

Mereka tersebar di 3.863 tempat pemungutan suara (TPS) pada 334 desa/kelurahan di 27 kecamatan.

Adapun Masalembu adalah salah satu kecamatan kepulauan terluar di Kabupaten Sumenep yang terdiri atas tiga pulau berpenghuni.

Yakni Pulau Masalembu terdiri dua desa, Pulau Masakambing terdiri satu desa, dan Pulau Karamian dengan satu desa.

"Jadi pengiriman ini harus betul-betul kita perhatikan, kita juga minta pengawalan dari Kepolisian," kata Rafiqi.

Sementara itu, Ketua PPK Masalembu, Didik mengaku perjalanan laut dari Pelabuhan Kalianget ke Masalembu ditempuh sekitar 13 jam. Terlambat satu jam dari perkiraan di awal.

"Ada keterlambatan, mungkin kapal tidak secepat seperti biasanya," kata Didik.

Ia mengaku, kapal tiba di Masalembu pada pukul 20.30 WIB, selanjutnya melakukan bongkar muatan. Semua logistik Pemilu kemudian disimpan di sekretariat PPK Masalembu.

Kemudian, pada Minggu (4/2) sekitar pukul 01.00, melanjutkan perjalanan ke Desa/Pulau Karamian, Kecamatan Masalembu.

"Untuk yang Pulau Karamian langsung digeser menggunakan Sabuk Nusantara 92. kemudian untuk yang tiga desa atau Daratan Masalembu langsung disimpan di sekretariat PPK Masalembu," pungkasnya.

Polisi diberangkatkan lebih awal

Kapolres Sumenep, AKBP Henri Noveri Santoso memberangkatkan anggotanya lebih awal untuk mengawal proses pemilu di Kecamatan Kepulauan Masalembu.

Jumlah anggota yang diberangkatkan juga menggunakan Kapal Sabuk Nusantara 92 pada Sabtu (3/2/2024) itu sebanyak 32 personel dari Polres Sumenep dan BKO Brimob Polda Jatim sebanyak 28 personel.

"Kita Imbau kepada anggota untuk melaksanakan pengamanan dan kawal kotak surat suara bersama-sama aparat lainnya termasuk KPPS dari tempat penyimpanan di desa menuju dusun tempat lokasi TPS berada dan sekembalinya, serta pastikan kotak surat suara tersebut dalam kondisi aman," kata dia.

Henri mengatakan, di Kabupaten Sumenep pengaman pemilu memang terbagi jadi dua bagian wilayah. Yakni, wilayah yaitu daratan dan kepulauan.

Ia juga mengimbau, seluruh anggotanya untuk disiplin dalam menjalankan pengamanan pemilu 2024.

“Laksanakan tugas dengan penuh semangat, disiplin, tulus dan ikhlas sehingga pelaksanaan pengamanan tidak hanya berjalan dengan tertib, aman dan terkendali namun juga akan bernilai ibadah,” kata dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/02/11/211028278/jalan-terjal-pengiriman-logistik-pemilu-ke-pulau-terluar-sumenep-tempuh-13

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke