Salin Artikel

Hasto Sebut Ada Operasi Khusus Penegak Hukum untuk Menangkan Prabowo-Gibran

BLITAR, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa di Jawa Timur aparat penegak hukum khususnya Polri masif terlibat penggalangan dukungan untuk pasangan Capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

"Tadi saya mendengar laporan dari seluruh pimpinan PDI-P Jawa Timur. Mereka mengatakan di Jatim ini justru sangat masif, ada keterlibatan oknum-oknum Polri," ujar Hasto di Makam Bung Karno, Kota Blitar, Jumat (9/2/2024).

Hasto menyebut, keterlibatan aparat penegak hukum itu sebagai operasi khusus (opsus) untuk memenangkan pasangan Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.

Selain itu, lanjutnya, opsus juga ditujukan untuk memenangkan perebutan kursi legislatif untuk partai-partai tertentu anggota Koalisi Indonesia Maju yang mendukung pasangan capres-cawapres Prabowo - Gibran.

Hasto mencontohkan fenomena deklarasi dukungan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali alias Gus Ali terhadap pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran sebagai hasil dari operasi khusus tersebut.

"Yang terjadi di Sidoarjo, misalnya, itu kan operasi khusus yang kemudian menyandera bupati, dipaksa mendukung 02. Sampai saudaranya, Bupati Gresik juga. Ini terjadi di mana-mana," terangnya.

Modus operasi tersebut, kata Hasto, adalah dengan mencari celah kesalahan dari kepala-kepala daerah, kepala dinas, hingga kepala desa.

Jika tidak bersedia mendukung pasangan capres-cawapres Prabowo - Gibran, lanjutnya, maka para pejabat itu diancam akan diproses hukum atas kesalahan yang mereka miliki.

Dia juga menyebutkan contoh bagaimana kepala desa ditarget untuk mendapatkan 200 hingga 300 suara di setiap desa.

"Yang paling parah itu Sidoarjo itu. Hukum dijadikan alat. Kita tahu kan Gus Ali sosok ulama hebat. Tiba-tiba dipaksa untuk mendukung 02," ujarnya.

Saat diminta menyebutkan contoh-contoh lain berlangsungnya opsus di Jawa Timur, Hasto mengatakan bahwa sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mendeteksi hal tersebut.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/02/09/180108878/hasto-sebut-ada-operasi-khusus-penegak-hukum-untuk-menangkan-prabowo-gibran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke