Salin Artikel

Cak Imin Sebut Negara Zolim dan Ajak Guru Madrasah Jihad Menangkan Amin

"Kalau sudah yakin, saya minta dalam tujuh hari ini kita jihad. Amin menang di Banyuwangi, Amin menang di Jawa Timur, Amin menang di Jawa Timur, Amin menang di Indonesia," kata Muhaimin saat bertemu ribuan guru madrasah di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (7/2/2024).

Menurut pria yang kerap disapa Cak Imin itu, negara telah menzolimi para tenaga pendidik, khususnya para guru, karena tidak sanggup membuat sejahtera.

"Ini menurut saya negara zolim terhadap guru dan murid-murid di tanah air kita," ujar Cak Imin.

Cak Imin berjanji, jika pasangan Anies-Muhaimin (Amin) menang dalam kontestasi capres-cawapres 2024, para guru dapat lebih sejahtera.

"Insy Allah Amin akan total memperjuangkan guru dan tenaga pendidik di Indonesia. Yang penting menang," ungkap Cak Imin.

Cak Imin menuturkan, sektor pendidikan merupakan salah satu prioritas utama yang diusung oleh pasangan Amin.

"Bersama Mas Anies, pokoknya prioritas utama adalah tenaga pendidik dan guru, termasuk dosen harus sejahtera," terang Cak Imin.

Dia menambahkan, selama ini negara sudah lama mengabaikan pendidikan. Menurut Cak Imin, hadirnya negara belum sepenuhnya menyentuh akar utama masalah pendidikan.

"Guru selalu dibebani tanggung jawab beban utama di luar tanggung jawabnya, admistrasi, yang itu semua tidak ada dalam kurikulum," ujar Cak Imin.

Ketua Umum PKB itu menyatakan, jika Amin terpilih jadi presiden dan wakil presiden, maka guru tidak boleh dibebani apapun, kecuali mendidik dan memperhatikan murid-muridnya.

"Karena ini adalah komitmen dan agenda nasional yang utama. Pendidikan menjadi prioritas bangsa. Maka dari itu harus perubahan," terang Cak Imin.

"Termasuk segala cara bagaimana mengangkat PNS baru, PPPK, honorer, maupun sertifikasi. Guru ngaji, guru paud, guru TPQ, honor sama pekerjaan tidak imbang. Pokok yang disebut guru jadi prioritas," imbuhnya.

Cak Imin juga menyinggung adanya perbedaan perhatian dari pemerintah, antara guru umum dengan guru madrasah.

"Banyak jalan ke madrasah yang hancur, rusak. Nah, ini harus kita tata dan kita benahi. Guru tenang mengajar, kesejahteraannya terpenuhi," tandas Cak Imin.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/02/07/201711078/cak-imin-sebut-negara-zolim-dan-ajak-guru-madrasah-jihad-menangkan-amin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke