Salin Artikel

Mahfud MD Janji Hapus Utang Petani dan Nelayan ke Negara Senilai Rp 678 M

LUMAJANG, KOMPAS.com - Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD menyebut, utang para petani dan nelayan ke negara mencapai Rp 678 miliar. Mahfud berjanji akan menghapus utang tersebut jika terpilih pada Pilpres 2024.

Hal ini disampaikan Mahfud di depan ribuan pendukungnya yang memadati Lapangan Senduro di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (7/2/2024).

"Utang petani dan nelayan kita ke negara ini jumlahnya Rp 678 miliar," kata Mahfud.

Mahfud menyebut, utang para petani dan nelayan ini disebabkan oleh distribusi pupuk dan solar subsidi yang tidak sampai ke petani dan nelayan.

Para petani dan nelayan pernah dipinjami modal oleh negara supaya berkembang. Namun, dalam prakteknya, petani dan nelayan kesulitan mendapatkan pupuk dan solar subsidi.

Sehingga petani dan nelayan kesulitan untuk berkembang dan menyebabkan tidak mampu membayar utangnya ke negara.

"Petani itu pernah dipinjami uang oleh negara agar bertani, nelayan dipinjami uang agar melaut, nanti kembalikan ke negara dengan bunga ringan," ungkap Mahfud.

"Ternyata sekarang petani itu masih banyak yang berutang ke negara karena pertaniannya tidak maju. Bantuan pupuknya enggak sampai, yang nelayan juga begitu bantuan solar tidak sampai, malah dikorupsi," tuturnya.

Mahfud berjanji, apabila Ganjar-Mahfud terpilih sebagai presiden dan wakil presiden, akan menghapuskan beban utang petani dan nelayan itu.

"Nanti kalau Ganjar-Mahfud terpilih utang ini akan dibebaskan oleh negara," tegasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/02/07/173328078/mahfud-md-janji-hapus-utang-petani-dan-nelayan-ke-negara-senilai-rp-678-m

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke