Salin Artikel

Mahfud MD Janji Beri Pekerjaan dan Layanan Umum bagi Disabilitas di Tiap Desa

Hal tersebut diungkapkan oleh Mahfud MD saat berkampanye di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (7/2/2024).

Selain warga umum, pendukung pasangan calon presiden Ganjar-Mahfud dari kalangan disabilitas juga hadir dalam kesempatan itu.

Di depan pendukung disabilitas, Mahfud MD berjanji akan memberikan akses pelayanan umum di setiap desa jika terpilih sebagai wakil presiden.

"Kalau kami terpilih nanti, kami akan membuka akses di setiap desa dan akan ada pelayanan umum di setiap desa untuk kaum disabilitas," ungkapnya, Rabu (7/2/2024).

Mahfud menyebutkan, selama ini akses pekerjaan bagi kaum disabilitas dari pemerintah masih sangat kurang.

Kalau pun ada, menurut Mahfud, mereka hanya diberi pekerjaan sebatas di bidang informasi dan teknologi dan administrasi.

Padahal, disabilitas bisa mengakses berbagai pekerjaan selayaknya orang normal, seperti kerja peneliti, riset, dan sebagainya.

"Itu belum diberikan oleh pemerintah. Padahal dalam UUD Pasal 28 itu disebutkan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan perlakuan khusus kalau memiliki kebutuhan khusus," tegasnya.

Bahkan, dengan tegas Mahfud MD meminta agar masyarakat menagih janjinya apabila nantinya benar-benar terpilih.

"Catat! Tanggal 7 Februari 2024 di Malang. Kalau ada yang bilang, 'Pak Mahfud omong doang'. Silakan tagih nanti," tuturnya.

Selain itu, Mahfud MD juga berjanji akan membebaskan utang petani dan nelayan. Berdasarkan catatannya, total utang petani dan nelayan saat ini senilai Rp 680 miliar.

"Uang kita sebenarnya ada, selama ini uang kita hilang karena dikorupsi. Maka kita harus hilangkan korupsi, sehingga uang itu bisa dibagi untuk para nelayan, petani, disabilitas, anak-anak muda yang perlu lapangan kerja," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/02/07/151054178/mahfud-md-janji-beri-pekerjaan-dan-layanan-umum-bagi-disabilitas-di-tiap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke