Salin Artikel

Di Kandang Banteng, Partai Gerindra Kabupaten Blitar Targetkan Kemenangan Prabowo-Gibran di Atas 50 Persen

Bukan tanpa alasan pencanangan target tersebut. Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Blitar, Ferdians Reza Alvisa, mengatakan hal itu didasarkan pada hasil obervasi lapangan oleh partai dan relawan.

Diakuinya, warga \menunjukkan animo yang besar untuk memilih pasangan nomor urut 02.

“Saya setahun ini turun. Yang pertama, tidak pernah mendapatkan penolakan."

"Survei apapun juga sudah membuktikan. Dan setiap saya turun semua sudah bilang ‘Pak Prabowo’,” ujar pria yang akrab disapa Alvis itu usai menghadiri peringatan HUT Partai Gerindra di Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Selasa (6/2/2024).

Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari Fraksi Partai Gerindra itu menyadari bahwa Kabupaten dan Kota Blitar merupakan salah satu lumbung suara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

Namun, dia mengklaim banyak simpatisan PDI-P Kabupaten Blitar yang preferensi politiknya pada Pilpres 2024 adalah Prabowo yang kini berpasangan dengan Gibran.

Padahal, PDI-P dan sejumlah partai mengusung pasangan capres-cawapres nomor urut 03, Ganjar Pranowo – Mahfud MD.

Alvis meyakini hal serupa terjadi di partai-partai anggota koalisi yang mengusung pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar.

“Bahkan ‘ngapunten’ (maaf). Ada juga yang dari kamar sebelah, partainya mungkin kamar sebelah, tapi beliau ke Pak Prabowo. Banyak sekali itu,” tuturnya.

Terkait kontestasi anggota legislatif, Alvis mengatakan pihaknya menarget perolehan 10 kursi dari 50 kursi yang ada di DPRD Kabupaten Blitar.

Saat ini Partai Gerindra memiliki 6 kursi dari hasil Pemilu 2019.

Kabupaten dan Kota Blitar dikenal sebagai salah satu basis suara PDI-P di Jawa Timur.

Pada Pilpres 2019, pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto – Sandiaga Uno hanya mendapatkan suara sebanyak 110.751 atau 14,79 persen dari total suara sah.

Sedangkan pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin yang didukung PDI-P memperoleh 638.096 suara atau 85,21 persen dari total suara sah.

Di DPRD Kabupaten Blitar dengan total 50 kursi, Partai Gerindra memiliki 6 kursi atau 12 persen, sedangkan PDI-P memiliki 19 kursi atau 38 persen, terbanyak di antara 8 partai parlemen lainnya.

Di urutan kedua adalah Partai Kebangkitan Bangsa dengan 9 kursi, disusul Partai Amanat Nasional dengan 7 kursi.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/02/07/053505678/di-kandang-banteng-partai-gerindra-kabupaten-blitar-targetkan-kemenangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke