Salin Artikel

Menanti Peresmian Jembatan Kaca Bromo yang Waktunya Belum Pasti...

Kabar peresmian jembatan kaca Bromo sering molor. Pada akhir tahun 2022, informasinya jembatan kaca akan diresmikan pada akhir tahun itu juga.

Memasuki akhir tahun 2023, jembatan kaca tersebut kembali dikabarkan bakal diresmikan pada akhir tahun 2023.

Namun hingga Februari 2024 ini, jadwal jembatan kaca Bromo diresmikan dan dibuka untuk umum masih belum pasti.

Kepala Bagian Tata Usaha TNBTS Septi Eka Wardhani mengatakan, jembatan kaca Bromo tak kunjung diresmikan karena belum selesainya sarana dan prasarana yang mendukung.

"Sarpras-nya belum selesai dikerjakan," kata Septi melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Sabtu (3/2/2024).

Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo Ugas Irwanto pun hingga kini masih belum mengetahui kapan jembatan tersebut akan diresmikan.

Kata Ugas, Kementerian PUPR, mengharap Presiden RI Joko Widodo meresmikan jembatan kaca itu.

"Kami juga belum tahu kapan jembatan kaca Bromo akan diresmikan. Kami menunggu informasi lebih lanjut dari Kementerian PUPR," ujar Ugas kepada Kompas.com.

Jika diberi pilihan, Ugas berharap jembatan kaca tersebut segera diresmikan agar bisa segera dibuka dan dikunjungi wisatawan.

Menurut Ugas, jembatan kaca tersebut sudah diserahkan kepada Pemkab Probolinggo oleh Kementerian PUPR.

Persiapan untuk membuka jembatan kaca juga sudah dilakukan Pemkab Probolinggo.

Sejauh ini, lanjut Ugas, selain pembangunan terminal Seruni Point, pemkab sudah menyiapkan keamanan, penjaga, dan kursi-kursi untuk wisatawan.

Sampai dengan hari ini, proses kerja sama dengan pihak ketiga sedang berjalan, karena nantinya jembatan kaca Bromo tersebut juga dikelola oleh pihak ketiga yang profesional.

"Diharapkan setelah pihak rekanan atau pihak ketiga sudah ada, nanti ketika peresmian jembatan kaca itu dilakukan, maka pihak ketiga nanti yang akan menyiapkannya," kata Ugas.

Ugas sendiri sudah melakukan uji coba jembatan kaca Bromo pada 12 Januari 2024 lalu.

Tak hanya Ugas, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga sudah menjajal jembatan kaca Bromo tersebut. Sempat terjadi insiden saat Khofifah jatuh terpeleset di jembatan karena licin gara-gara hujan, pada 2023 lalu.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Pemkab Probolinggo Bambang Heri Wahjudi mengatakan, terminal Seruni Point yang menjadi tanggungan Pemkab Probolinggo sudah rampung 100 persen. Tinggal di sisi timur dan pagar saja yang hanya butuh sentuhan finishing.

"Hingga kini pihak ketiga yang akan digandeng Pemkab Probolinggo untuk pengelolaan jembatan kaca sedang berproses. Karena dalam kerja sama, harus detail, termasuk biaya operasional, perawatan hingga pendapatan asli daerah (PAD)," jelas Wahjudi.

Menurut Wahjudi, Pemkab masih menunggu Perjanjian Kerjasama atau PKS dengan pihak ketiga. Dalam PKS tersebut harus tertuang secara detail mengenai pengelolaannya.

"Kementerian PUPR menyerahkan jembatan kaca Bromo kepada Pemkab Probolinggo untuk Terminal Seruni Point, dan pihak Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau TNBTS untuk Jembatan Kaca Seruni Point Bromo serta pintu keluarnya," tukas Wahjudi.

Pada 12 Januari 2024 lalu, melalui penandatanganan Berita Acara Serah Terima Operasional (BASTO), Kementerian PUPR menyerahkan Terminal Seruni Point kepada Pemkab Probolinggo.

Sehingga, meskipun infrastrukturnya masih menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR, namun perawatannya sudah menjadi tanggung jawab Pemkab Probolinggo. Perawatannya dianggarkan Rp 1,4 million.

Kemudian, Pemkab Probolinggo masih menunggu proses penandatanganan Berita Acara Serah Terima Operasional (BASTO) untuk jembatan kaca dan pintu keluar oleh Kementerian PUPR kepada TNBTS.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko berharap Presiden Joko Widodo bisa meresmikan jembatan kaca di Gunung Bromo untuk menggairahkan dunia pariwisata di Kawasan Bromo.

"Kami harap Bapak Presiden yang meresmikan jembatan wisata, jembatan kaca ini. Apalagi Bapak Presiden Jokowi belum pernah ke Bromo ini," kata Timbul kepada Kompas.com saat dihubungi, Jumat (9/12/2022).

Timbul menyakini kehadiran Jokowi bakal menggairahkan sektor wisata di kawasan Bromo, dan akan menggerakkan ekonomi.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/02/03/191818978/menanti-peresmian-jembatan-kaca-bromo-yang-waktunya-belum-pasti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke