Salin Artikel

Masuk Permukiman Warga, Monyet Liar di Banyuwangi Gigit Bocah

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Seekor monyet jenis ekor panjang atau Macaca fascicularis ditangkap petugas Dinas Pemadam Kebakaran Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (3/2/2024).

Monyet tersebut ditangkap petugas usai menggigit seorang anak kecil di Dusun Melik, Desa Parijatah Wetan, Kecamatan Srono, Banyuwangi.

Kasi Penyelamatan dan Evakuasi Dinas Pemadam Kebakaran Banyuwangi, Salam Bikwanto mengatakan, monyet berbulu abu-abu itu ditangkap petugas sekitar pukul 10.00 WIB.

Menurut Salam, evakuasi terhadap monyet ekor panjang tersebut berlangsung dramatis. Petugas harus menggunakan umpan dan tali saat menangkap.

Monyet tersebut sempat meloncat-loncat ke pepohonan dan atap rumah penduduk. Setelah dipancing, monyet itu dapat diamankan menggunakan penjepit.

Setelah berhasil dievakuasi, monyet itu kemudian diikat dan langsung dimasukkan ke dalam karung dan dipindahkan ke kandang.

"Laporan masuk ke kami sekitar pukul 08.00 WIB. Evakuasi berlangsung sekitar dua jam," kata Salam.

Salam mengatakan, pihaknya mendapat laporan adanya monyet liar masuk permukiman penduduk itu setelah melukai seorang anak kecil.

"Betul, monyet itu sempat menggigit seorang anak," ucapnya.

Pihaknya masih belum memutuskan apakah monyet tersebut akan dibawa ke Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) atau ditempatkan di lokasi yang lebih aman lain.

"Kami masih koordinasi," tandas Salam.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/02/03/153153978/masuk-permukiman-warga-monyet-liar-di-banyuwangi-gigit-bocah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke