Salin Artikel

Hashim Djojohadikusumo: Prabowo Tak Perlu Mundur dari Menhan

SURABAYA, KOMPAS.com - Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Hashim Djojohadikusumo menyebut, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto tidak perlu mundur dari jabatannya sebagai Menteri Pertahanan.

"Tidak bakal mundur," katanya usai nenghadiri konsolidasi pemenangan Prabowo-Gibran yang dihadiri mantan kepala desa dan perangkat desa se Jawa Timur di Surabaya, Kamis (1/2/2024).

Adik kandung Prabowo Subianto ini juga menyebut, Prabowo Subianto tidak perlu mundur dari jabatannya, mengingat kontestan lain yakni cawapres nomor urut 3 Mahfud MD sudah mengundurkan diri sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) belum lama ini.

"Tidak perlu mundur, cukup Mahfud (Mahfud MD) saja yang mundur," ujarnya singkat kepada wartawan.

Mahfud MD resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) pada Rabu (31/1/2024) siang.

"Dulu saya diangkat dengan penuh penghormatan, dan sekarang juga harus memberitahu dengan hormat tentang langkah-langkah politik saya. Itu segi etikanya ya," kata Mahfud seperti diberitakan Kompas.com, (31/1/2024).

Dia menambahkan, dia mundur dari Kabinet Indonesia Maju untuk memberitahukan langkah politik yang ingin diambil kepada kepala negara yang menunjuknya jadi menteri. Mahfud merupakan calon wakil presiden Ganjar Pranowo di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Lalu yang kedua, masalah politik, ya, saya sudah jadi cawapres, jadi harus jelas. Secara ketatanegaraan, jabatan menteri itu hak prerogatif presiden. Jadi saya harus datang penuh penghormatan," lanjut dia.

Mahfud juga menyatakan, dia mundur untuk menjaga integritas dan etika seorang menteri kepada presiden. Dia juga menyebut, orang Jawa sepertinya menjunjung etika sehingga akan mundur dengan baik-baik.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/02/01/171326478/hashim-djojohadikusumo-prabowo-tak-perlu-mundur-dari-menhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke