Salin Artikel

Bencana Longsor Terjang Ngebel Ponorogo, Dua Rumah Rusak

PONOROGO, KOMPAS.com - Dua rumah dilaporkan rusak akibat bencana longsor di Dusun Krajan, Desa Gondowido, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Longsor menerjang rumah warga setelah hujan deras selama beberapa jam melanda Kabupaten Ponorogo.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Ponorogo, Masun menyatakan, bencana longsor melanda Ngebel pada Selasa (30/1/2024) sekitar pukul 17.00 WIB.

“Longsor terjadi setelah wilayah itu diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak pukul 15.00 WIB. Akibatnya dua rumah milik warga Dusun Krajan bernama Suwandi dan Gunawan rusak,” kata Masun yang dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (31/1/2024).

Masun memastikan tidak ada korban jiwa dan korban luka dalam peristiwa tersebut. Hanya saja, kerugian materiil diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Menurut Masun, material tanah longsor berasal dari tebing yang berada di belakang rumah kedua warga tersebut dengan ketinggian mencapai 20 meter.

Mendapatkan laporan tersebut, kata Masun, tim BPBD Ponorogo dan relawan langsung turun ke lokasi. Setiba di daerah longsor, tim terpaksa merobohkan bangunan di bagian belakang rumah yang terkena material longsoran lantaran membahayakan keselamatan pemilik rumah.

Hasil kajian dari BPBD Ponorogo, lanjut Masun, ancaman longsor susulan masih ada bila terjadi hujan lebat. Kondisi itu dapat mengancam rumah warga lain yang berada di bawah tebing tersebut.

“Kami harapkan warga tetap waspada,” jelas Masun.

Bagi warga yang terdampak tanah longsor, Masun menyatakan Pemkab Ponorogo sudah memberikan bantuan logistik berupa family kit, sembako, peralatan mandi, alas tidur, dan alat masak.

“Petugas BPBD Ponorogo juga memasang terpal di tebing yang longsor agar air hujan tidak masuk ke dalam tanah yang longsor,” kata Masun.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/31/134257678/bencana-longsor-terjang-ngebel-ponorogo-dua-rumah-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke