Salin Artikel

Diretas, Akun Instagram KPU Jombang Sempat Jualan iPhone 14

JOMBANG, KOMPAS.com - Akun Instagram Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang, Jawa Timur, diretas dan sempat menawarkan iPhone 14 Promax 256 GB pada Senin (29/1/2024).

Saat dikuasai hacker, akun @kpukabjombang mengunggah gambar handphone dengan tulisan “Tebus Murah New 3 PCS Iphone 14 Promax 256 GB garansi 1 tahun ibox”.

Komisioner KPU Jombang Rita Darmawati mengungkapkan, akun Instagram yang diretas merupakan sarana bagi KPU Jombang untuk melakukan sosialisasi tahapan dan persiapan Pemilu 2024.

Dia menjelaskan, akun KPU Jombang diretas sekitar pukul 10.00 WIB. Namun, beberapa jam kemudian, akun tersebut berhasil diambil alih.

“Jadi memang kemarin ada yang meretas. Tapi siang, sekitar pukul 14.00 WIB atau pukul 15.00 WIB, sudah bisa diambil alih,” kata Rita saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (30/1/2024).

Dia menuturkan, peretas memang sempat mengunggah iPhone untuk dijual kepada pengikut akun Instagram @kpukabjombang.

Namun, lanjut Rita, sejauh ini tidak ada laporan warga atau pengikut akun KPU Jombang yang menjadi korban dari ulah peretas.

“Sampai saat ini tidak ada (korban), semoga tidak ada. Saat ini (akun) sudah tertangani, tapi memang masih perlu waktu untuk pemulihan,” ujar dia.

Rita menambahkan, akun Instagram yang dibuat KPU Jombang merupakan salah satu dari beberapa media sosial yang diaktifkan untuk melakukan sosialisasi tahapan dan persiapan Pemilu.

Dari sekian banyak akun yang dibuka di beberapa medsos, hanya Instagram yang diretas dan sempat dijadikan media untuk berjualan.

“Untuk (akun medsos) yang lain alhamdulillah, aman. Untuk data-data penting yang ada di website juga aman,” kata Rita.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/30/153031078/diretas-akun-instagram-kpu-jombang-sempat-jualan-iphone-14

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke