Salin Artikel

Fortuner Gus Aab Kecelakaan di Tol Ngawi Saat Hendak Hadiri Harlah NU, Polisi Duga Alami "Aquaplaning"

Kecelakaan yang terjadi di Kilometer 549 B, Desa Kedungharjo, Kecamatan Mantingan, Ngawi tersebut menewaskan sopir bernama Muhammad Baidowi (30).

Berikut sejumlah faktanya:

Hendak ke acara Harlah NU

Kasi Humas Polres Ngawi Iptu Dian Ambarwati mengungkapkan, dari keterangan salah satu saksi mata bernama Rosyid (24), mobil Fortuner bernomor polisi P 1672 HO tersebut melaju dari timur ke barat, atau dari arah Surabaya menuju Solo.

Adapun rencananya Gus Aab saat itu akan menghadiri acara Harlah ke-101 Nahdlatul Ulama yang dilangsungkan di Yogyakarta.

Selain Gus Aab, mobil juga ditumpangi oleh putra Gus Aab yang bernama Hisyam Abdullah (18) dan sopir Muhammad Baidowi (30), warga Jember.

Melansir Antara, berdasarkan pemeriksaan sementara, petugas mendapati bahwa Baidowi diduga bergantian menyetir dengan putra Gus Aab.

Diduga alami "aquaplaning"

Di sekitar Kilometer 549 B, mobil Fortuner yang ditumpangi Gus Aab oleng ke kiri dan menabrak pembatas jalan.

Selanjutnya mobil tersebut terpental dan terbalik masuk parit. Kondisi mobil pun ringsek.

"Menurut keterangan saksi, di lokasi kejadian cuaca hujan, mungkin pengemudi tidak mampu menguasai laju kendaraan dan kurang hati-hati sehingga kendaraan mengalami kecelakaan," kata Dian.

Berdasarkan hasil olah TKP, Fortuner bernomor polisi P 1672 HO tersebut mengalami kecelakaan tunggal diduga karena aquaplaning. Aqualaning adalah kondisi saat mobil seperti kehilangan daya cengkeram dan menjadi kehilangan kendali.

"Kemarin kondisi cuaca hujan gerimis, didiga mengalami aquaplaning, kecelakaan tunggal," tandas dia.

Akibat kecelakaan itu, pengemudi Fortuner bernama Muhammad Baidowi (30) yang merupakan warga Dusun Krajan Karangan, Desa Curah Kalong, Bangsal Sari, Jember meninggal di lokasi kejadian.

Kemudian Gus Aab dan putranya Hisyam Abdullah (18) mengalami luka dan dirawat di RS Widodo Ngawi.

Kapolres Ngawi AKBP Argoyuwono mengungkapkan, Gus Aab kemudian dirujuk ke RSU dr Soetomo Surabaya.

Dari keterangan dokter, Gus Aab yang merupakan Pengasuk Pondok Pesantren Darul Arifin Curah Kalong Bangsalsari Jember itu mengalami patah tulang.

"(Saat dijenguk) Beliau sudah sadar namun belum bisa diajak berkomunikasi," tutur Kapolres.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Sukoco), Antara

https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/30/050000278/fortuner-gus-aab-kecelakaan-di-tol-ngawi-saat-hendak-hadiri-harlah-nu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke