Salin Artikel

Jelang Imlek, Kelenteng Eng An Kiong Kota Malang Bersolek

MALANG, KOMPAS.com - Sejumlah pekerja tengah sibuk berbenah di Kelenteng Eng An Kiong, Kota Malang, Jawa Timur, pada Senin (29/1/2024). Sebagian ada yang sedang mengecat, membersihkan dinding ornamen dan memasang lampu-lampu.

Kegiatan itu sebagai bagian dari persiapan menjelang Tahun Baru Imlek 2024 pada Sabtu, 10 Februari 2024 mendatang.

Ketua Pengelola Yayasan Kelenteng Eng An Kiong, Rudi Phan menyampaikan, pembenahan dilakukan supaya umat yang datang saat Imlek merasa nyaman melihat kondisi klenteng.

"Ini supaya umatnya datang kelihatan bersih, jadi banyak yang lapuk-lapuk kita ganti yang baru, pasang lampion utamanya. Lampu-lampu kita ganti yang lama-lama," kata Rudi pada Senin (29/1/2024).

Ada yang berbeda dalam rangkaian kegiatan Tahun Baru Imlek 2024 di Kelenteng Eng An Kiong.

Pihak pengelola kelenteng tidak mengadakan acara Wayang Potehi dan Cap Go Meh (seperti tradisi kupatan). Hal itu untuk menjaga kondusifitas menjelang Pemilu 2024.

"Jadi puncaknya tanggal 10 Februari, jadi umat datang pagi, sembahyang bersama, terus langsung pulang. Jadi tidak ada acara Cap Go Meh, tahun-tahun lalu ada Cap Go Meh, tapi tahun ini ditiadakan. Karena masa pemilu, kita menyesuaikan kondisi supaya kondusif," katanya.

Nantinya juga akan ada kegiatan pembersihan patung pada 4 Februari 2024.

"Pembersihan patung tanggal 4, patung setiap ruangan ini ada, keseluruhan puluhan mungkin. Paling tua tanggal 3 diturunkan, itu Dewa Bumi, sudah 200 tahun umurnya, dari Tiongkok," katanya.

Sedangkan, rangkaian kegiatan pada tanggal 10 Februari mendatang akan diawali dengan adanya atraksi barongsai pada pukul 08.00 pagi. Kemudian, dilanjutkan dengan doa bersama pada pukul 10.00 WIB pagi.

Menurutnya, umat yang akan datang jumlahnya ratusan orang secara bergantian.

"Kita silih berganti, ada yang siang, mungkin jam 9-11, ratusan (orang). Mereka dari Malang sini, karena dari luar kota sudah banyak kelenteng seperti Banyuwangi, Pasuruan, Probolinggo," katanya.

Dia berharap, pada Tahun Baru Imlek 2024, untuk kegiatan Pemilu 2024 di Indonesia bisa berjalan lancar.

"Semoga pemilu berjalan dengan lancar," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/29/155156878/jelang-imlek-kelenteng-eng-an-kiong-kota-malang-bersolek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke