Salin Artikel

Toko Bangunan di Gresik Terbakar, 4 Kendaraan Ikut Hangus

GRESIK, KOMPAS.com - Kebakaran terjadi di sebuah toko bangunan yang berada di Jalan Raya Putat Lor, Desa Putat, Kecamatan Menganti, Gresik, Jawa Timur, Kamis (25/1/2024). Sebanyak empat mobil turut terbakar dalam insiden kebakaran tersebut.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Gresik Suyono mengatakan, pihaknya mendapat laporan mengenai kejadian kebakaran tersebut melalui call center sekitar pukul 06.30 WIB. Kemudian petugas dengan membawa mobil pemadam dan kendaraan suplai air langsung mendatangi lokasi.

"Petugas kami tidak bisa cepat datang di lokasi, karena pada jam tersebut bersamaan dengan anak pergi ke sekolah dan karyawan berangkat bekerja, sehingga jalanan agak padat," ujar Suyono kepada awak media, Kamis (25/1/2024).

Setengah jam berselang, jelas Suyono, sebanyak 13 petugas yang diterjunkan tiba di lokasi kebakaran dan langsung melakukan pemadaman api. Saat itu, kondisi api sudah membesar membakar toko bangunan tersebut. Dalam upaya pemadaman, petugas DPKP Gresik juga dibantu oleh unit Damkar PT Garuda Food.

"Proses pemadaman akhirnya selesai pukul 09.00 WIB, yang kemudian dilanjut pembasahan sekitar 45 menit," ucap Suyono.

Suyono menambahkan, kebakaran tersebut berasal dari korsleting listrik yang terjadi di toko bangunan. Api cepat membesar lantaran pada toko tersebut terdapat beberapa bahan material yang mudah terbakar.

Bahkan, empat kendaraan turut terbakar dalam insiden yang terjadi. Ada truk Hino, truk Isuzu, mobil pikap Isuzu Traga dan alat berat forklift.

"Menurut petugas yang ada di lokasi, penyebab kebakaran karena korsleting listrik. Api cepat membesar karena banyak material mudah terbakar, seperti tiner. Bahkan sempat timbul ledakan, namun tidak sampai merembet ke lokasi sekitar, hanya empat kendaraan ikut terbakar," kata Suyono.

Suyono menyampaikan, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam insiden kebakaran di toko bangunan tersebut. Sementara kerugian akibat kebakaran masih dilakukan penghitungan.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/25/155923578/toko-bangunan-di-gresik-terbakar-4-kendaraan-ikut-hangus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke