Salin Artikel

Diduga Jadi Korban Pemerkosaan Oknum TNI, Siswi SMK di Surabaya Berhasil Kabur dari Hotel, Diantar Ojol ke Polsek

Peristiwa itu terjadi di sebuah hotel yang berada di kawasan Jalan Pasar Kembang, Kelurahan Kupang Krajan, Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya.

Siswi SMK di Surabaya itu mengaku sempat disekap dengan kondisi kedua pergelangan tangan terikat. AA berhasil kabur setelah memohon kepada pelaku.

Dibantu pengemudi ojek online, AA kemudian membuat laporan ke polisi.

Ayah korban, LSA (54) mengatakan ia mengetahui kejadian yang dialami putrinya setelah dihubungi anggota Polsek Sawahan.

Kepada sang ayah, AA mengaku tak mengenal pelaku. Mereka bertemu saat AA duduk di pinggir jalan di kawasan Jalan Pemuda Nomor 39, Kelurahan Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya.

Ketika itu, korban berencana hendak mengambil uang tabungan beasiswa senilai Rp 200 di sebuah bank.

AA pun sudah mendapatkan izin dari pihak sekolah untuk mengurus pencairan beasiswa tersebut. Setelah mendapat izin, AA keluar dari sekolah dan menunggu seorang temannya kawasan Jalan Pemuda.

Namun teman AA tak kunjung datang. AA kemudian dihampiri oleh pria yang mengedarai motor dan bertanya alamat sebuah bank ke AA.

Pelaku berdalih bukan warga Kota Surabaya, sehingga kebingungan mencari kantor bank tersebut.

Tak curiga, korban pun mau dibonceng untuk mencari kantor yang dicari pelaku.

"Nah sembari nunggu temannya. Kenallah dengan pelaku. Pelaku bilang, 'minta tolong ke bank', karena dia bukan orang sini," ungkap LSA di depan Mapolsek Sawahan, Senin (22/1/2024).

"Katanya (pelaku) mau mencairkan beli tiket ke bioskop atau apa, lalu diantarkan. Pelaku sudah menentukan, salah satu bank lah," tambah dia.

Namun bukannya ke bank, pelaku membawa korban ke sebuah minimarket di kawasan Jalan Pasar Kembang, Suabaya.

Saat berbelanja, tubuh korban sempat dipegang-pegang oleh pelaku, tapi korban tak berani melawan. Setelah itu, pelaku kembali membonceng korban dan melanjutkan perjalanan.

Alih-alih ke bank tujuan, pelaku justru membawa korban ke sebuah hotel di Kawasan Jalan Pasar Kembang.

Pelaku lantas mengajak korban ke salah satu kamar yang sudah lebih dulu disewanya.

"Langsung habis itu masuk ke hotel, karena dia (pelaku) sudah menginap di situ sebelumnya. Jadi bukan daftar (awal), jadi dia langsung masuk karena sudah punya kamar di situ, begitulah kejadiannya," kata LSA.

Di kamar itu, korban mendapat kekerasan seksual hingga mengalami pendarahan. Saat kejadian, AA tak bisa berteriak karena tanganya dipiting oleh pelaku.

Korban kemudian berakhir keluar dari kamar itu setelah memohon kepada pelaku. Korban memelas dan berdalih diberi tugas sekolah oleh guru melalui pesan WhatsAapp.

"Nah dia bisa keluar dengan alasan, 'aku ada tugas dari guruku, ini chatnya'. Ditunjukkan, dia (pelaku) percaya, akhirnya (korban) keluar," jelas LSA menirukan sang anak.

Korban kemudian keluar dari kamar hotel dengan kondisi sempoyongan dan menangis.

Melihat kondisi korban, karyawan hotel pun mempersilakan AA untuk duduk di sofa resepsionis hotel dan memenangkan diri.

Selama duduk, korban terus menangis dan mengatakan ingin pulang ke rumah. Namun, karena korban tak membawa kendaraan, salah satu karyawan hotel memesankan layanan ojek online.

Oleh driver ojek online, korban tak langsung diantar pulang. Melainkan dibawa ke kantor polisi untuk melapor.

"Ceritanya kata teman-teman, anak itu turun nangis, terus dipesankan ojol. Oleh driver ojol dilaporkan ke polisi, iya dibawa," kata karyawan hotel berinisial RP saat ditemui Surya.co.id, Senin.

Tiga puluh menit kemudian, sepuluh anggota gabungan datang ke hotel dan menuju ke kamar yang disewa pelaku.

Oleh polisi, pelaku sempat dimintai keterangan di dalam kamar. Petugas kepolisian juga sempat berupaya memastikan status si pelaku yang diduga merupakan seorang anggota TNI.

Namun, kata RP, pelaku terus berkelit dan enggan menunjukkan kartu anggotanya. Oleh karena itu, pihak kepolisian langsung menggelandang pelaku ke Mapolsek Sawahan.

"Enggak, enggak ada perlawanan. Saat ditanya polisi anggota apa bukan, dia enggak mau ngaku, awal-awalnya," ujar RP menambahkan.

RP memastikan, sosok pelaku yang diamankan itu, tetap bersikap kooperatif.

Selain tidak ada perlawanan kepada para petugas kepolisian, pelaku juga tidak merusak benda atau inventaris apapun dari fasilitas hotel.

"Enggak merusak apa-apa. Enggak diborgol, karena orangnya enggak melawan apa-apa. Orangnya nurut," kata karyawan yang telah bekerja selama delapan tahun di hotel tersebut.

RP menambahkan, ia dan para teman sesama karyawannya sejak awal tidak menaruh rasa curiga kepada si sosok pelaku yang datang ke hotel untuk menyewa kamar bersama wanita yang ternyata menjadi korban kekerasan seksual.

Ia mengira, sosok wanita tersebut merupakan teman dari si pelaku. Karena secara postur tampak tinggi dan penampilannya kasual biasa. Yakni mengenakan jaket sweater hoodie warna putih dan bercelana warna merah.

"Ya enggak terlalu kecil sih. Mangkanya, anak-anak (karyawan) enggak curiga. Iya pakai jaket putih. Tingginya sama seperti saya," terangnya.

"Anaknya kurus. Pakai celana biasa, training, iya (celana warna merah). Iya kayak enggak terpaksa gitu lho. Mangkanya arek-arek (teman karyawan) enggak curiga," ungkapnya.

Kemudian, si pelaku datang bersama si wanita tersebut pertama kali dan langsung melakukan reservasi kamar hotel.

Tak lama sang perempuan keluar kamar sambil menangis.

"Jam 9 pagi, pesan (kamar) langsung masuk, iya bawa perempuan itu. Enggak (pesan beberapa hari sebelumnya). Langsung, iya. Posisi dia datang bayar langsung masuk. Iya (sembari ngajak wanita itu)," pungkasnya.

Pantauan TribunJatim.com, sekitar pukul 12.20 WIB, oknum tentara pelaku kekerasan seksual tampak digelandang keluar dari pintu utama Mapolsek Sawahan dengan pengawalan sejumlah anggota tentara dari instansi Polisi Militer (POM) tempat si pelaku bertugas.

Pelaku tampak bertelanjang dada, dengan kondisi kepala ditutup kain kaus berwarna biru muda, dan kedua pergelangan tangan dalam keadaan diborgol menggunakan kabel ties berukuran besar warna putih.

Kemudian, pelaku digiring masuk ke dalam sebuah mobil minibus warna putih sebagai mobil operasional petugas POM, yang tampak terparkir di depan teras utama Gedung Mapolsek Sawahan.

Belum ada keterangan resmi yang pihak kepolisian terkait kasus tersebut.

Sejumlah anggota Mapolsek Sawahan, tidak memberikan pernyataan dalam bentuk apapun dan mnegatakan penanganan kasus tersebut bukan kewenangan mereka.

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Gadis SMK di Surabaya Berjalan Sempoyongan dan Menangis, Terkuak Ternyata Dirudapaksa Oknum Tentara

https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/23/203500778/diduga-jadi-korban-pemerkosaan-oknum-tni-siswi-smk-di-surabaya-berhasil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke