Salin Artikel

Balita di Sidoarjo Jadi Korban Pencabulan, Pelaku Ayah Kandung Sendiri

SURABAYA, KOMPAS.com - Balita berusia 3 tahun di Sidoarjo, Jawa Timur, diduga menjadi korban pencabulan. Pelakunya adalah MHY (25), ayahnya sendiri.

MHY ditangkap di rumahnya di Kecamatan Sukodono, Sidoarjo, pada Minggu (21/1/2024) malam dan sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Polresta Sidoarjo.

"Setelah penyidik mengumpulkan keterangan saksi dan barang bukti, MHY ditetapkan tersangka. Namun dia belum juga mengakui perbuatannya," kata Kapolresta Sidoarjo Kombespol Christian Tobing dalam keterangannya, Senin (22/1/2024).

Korban adalah putri pertama tersangka. Sejak beberapa bulan terakhir, tersangka bercerai dan pisah rumah dengan istrinya.

Aksi pencabulan dilakukan pada 13 Oktober 2023. Saat itu, korban dijemput dari rumah ibunya diajak ke rumahnya.

"Setelah dijemput korban diajak jalan-jalan dan jajan, setelah itu korban tidur di rumah tersangka. Saat itulah aksi pencabulan dilakukan," terang Christian.

Tersangka mewanti-wanti kepada korban agar apa yang dilakukan tidak diberitahu ke ibunya.

Keesokan harinya, korban diantar pulang ke rumah ibunya. Lalu sang ibu mengajak korban jalan-jalan. Saat korban diantar untuk buang air kecil, korban menangis kesakitan.

Sang ibu menanyakan dan korban menyampaikan apa yang dialami. Sang ibu juga memeriksakan anaknya ke dokter.

Sang ibu pun melapor ke Polresta Sidoarjo. Setelah dilakukan penyidikan, sang ayah pun ditangkap.

Tersangka dijerat dengan Pasal 81 ayat (3) UU Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 23 Tahun 2022 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman penjara minimal 5 tahun dan denda Rp 5 miliar.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/23/115729378/balita-di-sidoarjo-jadi-korban-pencabulan-pelaku-ayah-kandung-sendiri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke