Salin Artikel

Sekelompok Orang Merusak Rumah di Surabaya, Diduga Perkara Utang

Puluhan orang mendatangi rumah tersebut sekitar pukul 09.00 WIB. Mereka lalu melempari bangunan dengan batu.

Tak hanya itu, kelompok tersebut juga masuk dan merusak sejumlah barang yang ada di dalam rumah. Selain itu, diduga ada korban luka dalam peristiwa perusakan itu.

Aparat kepolisian selanjutnya mendatangi lokasi untuk meredakan situasi yang memanas. Sekelompok orang itu akhirnya meninggalkan tempat kejadian setelah dilakukan mediasi, pukul 14.50 WIB.

Kesaksian warga

Salah seorang warga bernama Wisnu mengatakan, rumah tersebut dimiliki oleh F. Dia menduga, sekelompok orang yang datang adalah penagih utang

"Anarkis, massa berdatangan melempar batu ke arah rumah Ibu F. Alat-alat lain seperti pedang dan kapak yang diambil dari halaman juga dilemparkan," kata Wisnu, Rabu (17/1/2024).

Wisnu pun mengaku takut mendekati rumah yang ada di depan kediamannya saat kericuhan terjadi. 

"Orangnya (F) di Jakarta, enggak tahu kapan datang. Intinya polisi sudah datang dan mereka (massa) enggak rusuh lagi di sekitar sini," jelasnya.

Dugaan utang

Kapolsek Gayungan, Kompol Catur Sulisyantomo mengatakan, perkara tersebut diduga bermula ketika pemilik rumah menunggak pembayaran dengan rekan kerja.

"Mula permasalahan ini dari kerja sama antara Ibu F dengan Bapak R di Papua untuk pembuatan sutet. Namun dalam perjalanannya kekurangan pembayaran sekitar Rp 4,5 miliar," kata Catur.

Sementara itu, Babinsa Koramil Gayungan, Serda Ramli mengatakan, ada tiga mobil mengalami kerusakan, usai terjadinya pelemparan.

Ramli memperkirakan, ada sekitar 35 orang yang berusaha merusak berbagai benda di rumah tersebut. Dia menduga, massa merupakan penagih utang yang diperintah seseorang.

"Pemilik rumah tidak ada di lokasi, kejadian (perusakan) baru terjadi. Kelompok penagih utang dugaan sementara mereka meminta utang dibayar," kata Ramli.

Tim Inafis Polrestabes Surabaya masih melakukan proses olah tempat kejadian perkara (TKP). 

https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/17/190751978/sekelompok-orang-merusak-rumah-di-surabaya-diduga-perkara-utang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke