Salin Artikel

Lokomotif KA Pandalungan yang Anjlok di Sidoarjo Berhasil Dievakuasi, Rute Kereta Kembali Normal

SURABAYA, KOMPAS.com - Lokomotif KA Pandalungan yang anjlok di emplasemen Stasiun Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (14/1/2024), akhirnya selesai dievakuasi, Senin (15/1/2024) dini hari.

"KA Pandalungan anjlok di Stasiun Tanggulangin sudah berhasil dievakuasi naik ke jalur kereta api kembali, pukul 00.22 WIB," kata Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif di Stasiun Tanggulangin, Senin.

Luqman mengatakan, setelah lokomotif KA Pandalungan selesai dievakuasi, langsung dilakukan pengecekan rel yang terdampak. Baru kemudian jadwal dan rute kereta api normal kembali.

"KA pertama yang melintasi jalur tersebut yakni KA Blambangan Ekspres relasi Ketapang - Semarang Tawang Bank Jateng dengan kecepatan terbatas 20 kilometer per jam pada jam 03.11 WIB," jelasnya.

Meski demikian, kata Luqman, petugas Daop 8 Surabaya masih mengawasi lokasi kejadian anjloknya KA Pandalungan. Hal itu untuk memastikan pelintasan rel sudah dalam kondisi normal.

"Seluruh KA yang melintas baik jarak jauh maupun lokal yang melintasi Stasiun Tanggulangin sudah normal dengan kecepatan terbatas,” ucapnya.

Lebih lanjut, Luqman menyebut, petugas hingga kini masih belum mengetahui penyebab anjlonya KA Pandalungan di Stasiun Tanggulangin. Pihaknya bakal melakukan penyelidikan terkait hal tersebut.

"KAI akan menyelidiki dan melakukan evaluasi penyebabnya. Hal itu sebagai wujud komitmen bagi KAI dalam memberikan layanan jasa transportasi yang aman dan nyaman," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Kereta Api Pandalungan relasi Gambir-Surabaya-Jember anjlok di emplasemen Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (14/1/2024) pukul 07.57 WIB.

PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya meminta maaf atas terjadinya peristiwa kecelakaan tersebut.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/15/085740478/lokomotif-ka-pandalungan-yang-anjlok-di-sidoarjo-berhasil-dievakuasi-rute

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke