Salin Artikel

Sandiaga Uno Dorong Banyuwangi Jadi Tujuan Wisata Halal Baru

Sandiaga menyebut, Banyuwangi sangat potensial menjadi rute baru wisata halal dengan destinasi ziarah yang bisa menjadi tujuan wisata utama.

Menurutnya, selama ini tujuan wisatawan domestik untuk rute ziarah paling banyak adalah dari Jawa Timur. Sebab di jalur ini banyak sekali wisata religi wali songo dan makam leluhur berpengaruh.

"Di Banyuwangi, dapat menjadi tujuan perjalanan yang diketahui ada makam leluhur di pondok pesantren," kata Sandi saat silaturahmi di Pondok Pesantren Al-Imaratul Mustaqimah, Wongsorejo yang diasuh KH Ali Hasan Kafrawi, Sabtu (14/1/2024) malam.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mengaku, ribuan pondok pesantren di Jawa Timur telah menjadi penggerak lokomotif wisata halal yang potensial.

"Pesantren ini jadi super penting bagi lokomotif wisata halal baru, yang saat ini jadi peluang total penciptaan 4,48 juta tenaga kerja," terang Sandi.

Sandi mengatakan, selama ini Indonesia sudah diakui dunia sebagai negara favorit dengan wisata halal. 

"Dan pariwisata halal ini, market (pasar) terbesarnya justru di Jawa Timur, " tandas Sandi.

Hal ini ditunjang dengan aneka ragam kuliner khas Banyuwangi yang dikenal enak dan lezat itu. Mulai seafood sampai kudapan tradisional lengkap.

"Ini paket yang lengkap," tandas Sandi.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/14/123716478/sandiaga-uno-dorong-banyuwangi-jadi-tujuan-wisata-halal-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke