Salin Artikel

Perkara Pemalsuan Identitas yang Membuat Petani Punya Utang di Bank Naik ke Penyidikan

PROBOLINGGO, KOMPAS.com - Kasus pemalsuan identitas dan perbankan yang membuat lima petani Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, tiba-tiba punya utang ke bank Rp 25 juta terus bergulir.

Perkara ini sedang ditangani kepolisian dan statusnya kini sudah naik ke tahap penyidikan.

"Perkara ini sudah ditingkatkan menjadi penyidikan. Sehingga pemeriksaan sejumlah pihak akan terus dilakukan," kata Kasat Reskrim Polres Probolinggo Iptu Putra Adi Fajar Winarsa saat dihubungi Kompas.com, Jumat (12/1/2024).

Menurut Fajar, perkara tersebut ditangani oleh Unit Tindak Pidana Tertentu Satuan Reskrim Polres Probolinggo. Penyidik sudah memintai keterangan saksi, pelapor dan terlapor.

"Sudah kami periksa. Karena sudah naik ke proses penyidikan, maka pemeriksaan akan dilanjutkan pada pekan depan," imbuh Fajar.

Fajar tidak menampik ada dugaan keterlibatan ahli informasi teknologi (IT) dalam perkara tersebut. Namun, pihaknya belum membutuhkan keterangan ahli IT dalam pemeriksaan.

"Untuk sementara kami belum membutuhkan keterangan ahli," pungkas Fajar.

Ditanya soal kebenaran informasi bahwa yang menjadi korban mencapai 68 orang, Fajar mengaku fokus terhadap laporan lima petani pada Selasa (9/1/2024) lalu.

"Sejauh ini yang melapor ke kami baru lima orang," pungkas Fajar.

Diberitakan sebelumnya, penyidik Kepolisian Resor Probolinggo sedang menyelidiki kasus penipuan yang membuat lima warga Desa Banyuanyar Tengah, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, memiliki utang di bank.

Kasat Reskrim Polres Probolinggo Iptu Putra Adi Fajar Winarsa mengatakan, kelima warga tersebut sudah melaporkan dugaan penipuan ke SPKT Mapolres Probolinggo pada Selasa (9/1/2024) pukul 13.07 WIB.

Salah seorang pelapor bernama Yakub berusia 60 tahun, pekerjaan petani. Selain Yakub, yang turut melaporkan adalah Khalifah (56), Suradi (67), Hasil (58), Soim (54).

https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/12/212226678/perkara-pemalsuan-identitas-yang-membuat-petani-punya-utang-di-bank-naik-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke