Salin Artikel

Didampingi Yenny Wahid, Ganjar Ziarahi Makam Gus Dur dan Pendiri NU

JOMBANG, KOMPAS.com - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menziarahi makam Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari di Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Jumat (12/1/2024).

Saat berziarah ke makam Gus Dur dan KH Hasyim Asy’ari, Ganjar didampingi putri Gus Dur Yenny Wahid, Pengasuh Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz, serta cucu KH Hasyim Asy’ari KH. Fahmi Amrullah Hadziq.

Pantauan Kompas.com, Ganjar disambut KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin saat tiba di Pesantren Tebuireng. Gus Kikin dan Ganjar kemudian menggelar pertemuan tertutup di Ndalem Kasepuhan.

Sekitar 20 menit kemudian, Ganjar bersama Yenny Wahid dan Gus Kikin memasuki kompleks makam Pesantren Tebuireng. Setelah memanjatkan doa, Ganjar dan Yeni Wahid tampak menaburkan bunga di makam Gus Dur dan makam KH Hasyim Asy’ari.

Setelah menziarahi makam Gus Dur, Ganjar mengungkap sisi unik dari pusara makam Gus Dur. Pusara makam Gus Dur, ungkap dia, menggambarkan sisi perjuangan yang dilakukan Gus Dur.

"Setiap ziarah ke Tebuireng ini, kalau melihat makamnya Gus Dur, itu ada yang menarik. Coba perhatikan di batu nisannya, ada bahasa Arab, ada bahasa Inggris, bahasa China atau Tiongkok, dan ada bahasa Indonesia,” kata Ganjar usai ziarah.

“Maka selalu yang kita ingat adalah, semangat perjuangan beliau dalam menjaga pluralisme, bhinneka tunggal ika, itu selalu yang diperjuangkan. Maka tidak jarang, di tempat lain beliau sangat dihormati,” lanjut dia.

Setelah menziarahi makam Gus Dur dan KH. Hasyim Asy’ari, Ganjar bersama Yeni Wahid menuju Pesantren Manbaul Ma’arif Denanyar Jombang. Di pesantren tersebut, Ganjar menziarahi makam KH Bisri Syansuri.

KH Bisri Syansuri merupakan salah tokoh pendiri NU, sekaligus kakek buyut dari Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, cawapres nomor urut 1.

Usai menziarahi makam Kiai Bisri, Ganjar sempat menemui ratusan relawan dan pendukungnya di Islamic Center Pesantren Aziziyah yang lokasinya tidak jauh dari Pesantren Manbaul Ma’arif Denanyar.

Setelah itu, Ganjar dan Yenny Wahid melanjutkan perjalanan untuk menziarahi makam pendiri NU KH Abdul Wahab Chasbullah di Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/12/194714878/didampingi-yenny-wahid-ganjar-ziarahi-makam-gus-dur-dan-pendiri-nu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke