Salin Artikel

Curhat Petani Tebu ke Ganjar: Jangan Asal Impor Gula, Bikin Harga Anjlok

Salah satu petani tebu bernama Yahya (60) bercerita tentang harapan petani agar pemerintah tak asal mengimpor gula, karena bisa menjatuhkan harga tebu petani.

“Pada saat mau impor gula mohon dihitung dulu gula yang ada di Indonesia, hasil petani-petani kita. Jangan sampai kebutuhan (gula) lima juta (ton), petani punya tiga juta, impornya tujuh juta,” kata Yahya (60) saat berdialog dengan Ganjar dalam kegiatan tersebut.

“Itu nanti tolong betul-betul perhatikan. Jadi kelebihan gula di Indonesia itu yang akan menjatuhkan harga gula kita,” lanjut petani tebu asal Desa Gajah, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur itu.

Mendapat keluhan itu, Ganjar berjanji akan mencarikan solusi bagi para petani tebu.

Eks Gubernur Jawa Tengah itu pun sangat menyadari bahwa kebijakan impor gula tanpa mempertimbangkan kesejahteraan para pihak terkait akan membuat para petani tak mandiri.

“Jangan sampai kemudian kebutuhannya lebih berat kepada impor, maka kita tidak akan pernah mandiri,” tutur Ganjar.

Menurut Ganjar, keluhan yang disampaikan petani tebu ini mirip dengan kasus impor tembakau. Ia mengaku pernah dicurhati salah satu petani tembakau di Jawa Tengah, yang mengeluhkan kebijakan impor yang digulirkan pemerintah.

“Sebenarnya di Jawa Tengah saya juga sering mendengar ketika tembakau kita itu belum terbeli semua, tapi keran impornya dibuka,” paparnya.

“Dan kemudian cerita impor ini menjadi cerita atau sebuah pertunjukan makin tidak mandirinya kita dalam bidang perekonomian, wabil khusus ekonomi pertanian kita,” lanjut Ganjar.

Untuk itu, Ganjar mengaku akan mencarikan solusi bagi para petani tersebut, terutama atas keluhan kebijakan impor yang tidak pro petani.

“Jadi itu catatan penting yang nanti neracanya kami akan coba baca, untuk bisa mencarikan solusi untuk menyeimbangkan ini, sehingga petani yang ada di dalam negeri itu mendapatkan tempat yang pertama dan utama,” pungkas Ganjar.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/12/150041578/curhat-petani-tebu-ke-ganjar-jangan-asal-impor-gula-bikin-harga-anjlok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke