Salin Artikel

Simak, Santri dan Mahasiswa Malang Bisa Mencoblos di 5 TPS Ponpes serta Kampus Ini

Dari kelima TPS itu, dua di antaranya ditempatkan di salah satu perguruan tinggi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang.

Sedangkan tiga lainnya bertempat di pondok pesantren, yaitu satu TPS di Pondok Pesantren Al-Khoirot, Kecamatan Pagelaran, dan dua TPS di Pondok Pesantren Al-Rifa'ie Dua, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kabupaten Malang Marhaendra Pramudya Mahardika mengatakan, penyediaan TPS khusus itu berfungsi untuk memfasilitasi mahasiswa, santri, dan pelajar asal daerah lain yang berada di Kabupaten Malang.

"Pemilih yang berada di TPS khusus itu nantinya akan difasilitasi untuk pindah pilih dari daerahnya masing-masing," ungkapnya.

Penyediaan TPS khusus itu, menurut Dika, sesuai dengan pengajuan pimpinan lembaga masing-masing yang memastikan bahwa mahasiswa atau santrinya tidak bisa pulang di hari pemungutan suara.

"Kenapa ada dua TPS di satu lembaga, karena jumlah pemilih yang didaftarkan membutuhkan lebih dari satu TPS. Setiap satu TPS maksimal 300 pemilih," jelasnya.

Sementara petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) nantinya akan diambil dari pemilih yang terdaftar di DPT setempat.

"Nanti akan kita koordinasikan dengan pimpinan lembaga. Kita carikan petugas mampu dan memenuhi syarat," jelasnya.

Mahardika menyebutkan, jumlah petugas KPPS khusus itu masing-masing tujuh orang. Mereka akan diberikan bimbingan teknis sebagaimana petugas KPPS pada umumnya.

"Kecuali petugas ketertiban akan diambil dari petugas desa setempat," tuturnya.

Untuk diketahui, jumlah TPS di Kabupaten Malang tercatat sebanyak 7.761, dengan jumlah DPT sebanyak 2.054.178 pemilih.

Sementara terkait partisipasi pemilih, KPU Kabupaten Malang menargetkan partisipasi pemilih, mengacu pada Pemilu 2019 mencapai 79 persen.

"Kalau Pemilu 2019 partisipasi pemilih 77,5 persen, maka kita menargetkan di atas itu, yaitu 79 persen. Untuk Pileg 78 persen," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/12/115230678/simak-santri-dan-mahasiswa-malang-bisa-mencoblos-di-5-tps-ponpes-serta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke