Salin Artikel

Butuh 7 Jam Padamkan Semburan Api Sumur Bor di Pamekasan

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Semburan api di sumur bor milik Junaidi, warga Dusun Kadur Barat, Desa Kadur, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, berhasil dipadamkan oleh tim pemadam kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan, Kamis (11/1/2024).

Proses pemadaman semburan api memakan waktu 7 jam sejak tim Damkar tiba di lokasi.

Kepala Pelaksana (Kalksa) BPBD Kabupaten Pamekasan, Akh Dhofir Rosidi menjelaskan, proses pemadaman pertama gagal karena minimnya teknik dan peralatan. Titik semburan api tidak bisa dipadamkan meskipun sudah banyak menghabiskan air.

"Proses pemadaman pertama sempat dihentikan karena kobaran api sangat besar," kata Dhofir.

Pada proses kedua, setelah dapat arahan dari Kapolres Pamekasan dan Komandan Kodim Pamekasan, tim Damkar memulai dengan simulasi terlebih dahulu dengan tambahan peralatan dan pipa untuk mengalihkan semburan gas yang ke arah samping, dikembalikan ke posisi semula, yakni tegak berdiri.

"Setelah dilakukan simulasi terlebih dahulu, proses pemadaman kedua bisa sukses," ungkap Dhofir.

Kapolres Pamekasan AKBP Jazuli Dani Iriawan mengatakan, setelah semburan api berhasil dipadamkan, sekitar lokasi langsung diberi garis polisi tambahan untuk menghindari adanya warga mendekat ke lokasi.

"Perlu kami tegaskan kepada masyarakat, garis polisi ini menandakan bahwa wilayah itu steril. Kejadian semburan api itu karena minimnya edukasi kepada warga," ujar Dani.

Dani juga meminta kepada pemilik lahan agar mengikuti arahan dari Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Timur terkait pipa sumur yang harus tegak. Sebab, pipa yang tegak itu untuk menghindari adanya percikan api.

"Semoga tidak terjadi lagi percikan api yang menyebabkan sumur bor ini menyemburkan api lagi," ungkap pria kelahiran Jakarta ini.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/11/224520378/butuh-7-jam-padamkan-semburan-api-sumur-bor-di-pamekasan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke