Salin Artikel

Hujan Deras Disertai Angin Kencang di Sumenep, 54 Bangunan Rusak dan 11 Tiang Listrik Tumbang

Berdasarkan data Kepolisian Resor (Polres) Sumenep, setidaknya ada 54 bangunan rusak dan 11 tiang listrik yang ambruk imbas hujan disertai angin kencang tersebut.

"Data yang kami terima setidaknya ada 54 bangunan rusak, hari ini kami turun lagi ke masyarakat untuk membantu proses evakuasi," kata Kepala Sub-Bagian Hubungan Masyarakat Polres Sumenep AKP Widiarti saat dihubungi, Rabu (10/1/2024).

Widiarti menjelaskan, untuk 54 itu masuk katagori rusak ringan, sedang hingga berat.

Kerusakan itu tersebar di dua dusun yakni Dusun Tega dan Dusun Cemara yang berada di Desa Nambakor, Kecamatan Saronggi, Sumenep.

Dari 54 bangunan tersebut, setidaknya ada dua sekolah yang juga mengalami kerusakan ringan. Sisanya adalah bangunan rumah warga.

"Beberapa bangunan yang rusak ringan langsung dibantu proses evakuasi kemarin, hari Selasa (9/1/2024). Sedangkan yang katagori rusak berat masih dibantu (evakuasi) hingga hari ini," kata Widiarti.

Selain bangunan rusak, 11 tiang listrik tumbang imbas hujan disertai angin kencang.

Sembilan tiang listrik di antaranya patah di wilayah Desa Patean, tepatnya di jalan protokol Sumenep-Pamekasan. Sedangkan dua tiang listrik di perbatasan Desa Nambakor, roboh.

Dampak dari tiang listrik yang roboh dan sebagian besar patah mengganggu arus lalu lintas. Saat ini, sedang dilakukan proses evakuasi oleh pihak PLN bersama petugas gabungan.

“Arus lalu lintas masih dialihkan. Untuk jalur barat melalui Jalan Raya Lenteng-Batuan. Sedangkan jalur timur dialihkan melalui Jalan PUD Nambakor-Pinggir Papas,” pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/10/100810278/hujan-deras-disertai-angin-kencang-di-sumenep-54-bangunan-rusak-dan-11

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke