Salin Artikel

Iwan Bule: Jangan Khawatir, Polri Tetap di Bawah Presiden bila Prabowo-Gibran Menang

"Sudah jelas bahwa Polri tetap di bawah langsung Presiden jika Prabowo-Gibran menang Pilpres nanti," ujar sosok yang akrab disapa Iwan Bule itu usai menghadiri deklarasi dukungan ratusan anggota Paguyuban Purnawirawan Polri di Surabaya, Senin (8/1/2024).

Dia mengatakan, kawan-kawannya di kepolisian diminta tidak merespon isu yang berkembang bahwa jika Prabowo-Gibran menang maka institusi Polri tidak lagi di bawah Presiden. 

"Semalam dalam debat juga sudah ditegaskan oleh Pak Parabowo, jadi teman-teman tidak usah khawatir," ujar mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Dalam debat ketiga capres di Jakarta pada Minggu (7/1), Prabowo Subianto memastikan institusi TNI dan Polri tetap berada di bawah presiden jika dirinya terpilih pada 2024 ini.

"Kita perlu untuk mempertahankan sistem yang sudah baik. Saya akan teruskan TNI dan Polri tetap berada langsung di bawah kendali presiden untuk mempercepat reaksi dan memperpendek rentang kendali dan rentang komando," ujar Prabowo.

Ada sekitar 700 purnawirawan Polri dari berbagai daerah di Jatim yang hadir dalam deklarasi tersebut. 

Mereka menyatakan setia pada pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo - Gibran dan tidak akan terpengaruh terhadap ajakan dari pasangan calon lainnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/09/071132878/iwan-bule-jangan-khawatir-polri-tetap-di-bawah-presiden-bila-prabowo-gibran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke