Salin Artikel

Tiga Pemain Band Tewas Usai Tenggak Miras di Bar Surabaya, Manajemen Hotel Tampik Sediakan Metanol

Metanol ditengarai jadi penyebab kematian tiga pemain band di Surabaya saat menenggak minuman keras (miras) di bar hotel tersebut.

General Manager Vasa Hotel, Robert Kotambunan, mengungkapkan hal tersebut. Dia bahkan mengaku baru mengetahui adanya cairan metanol setelah Polrestabes Surabaya menggelar konferensi pers.

"Kami sampaikan bahwa kami tidak pernah beli metanol. Apalagi menggunakan metanol di produk-produk kami," kata Robert, di Vasa Hotel, Senin (8/1/2024).

Sedangkan, lanjut Robert, di Cruz Lounge Bar hanya disediakan etanol bukan metanol. Cairan tersebut pun tidak untuk dikonsumsi, melainkan sebagai alat pertunjukan di depan para tamu.

"Kami memang ada pengadaan etanol dan itupun bukan buat produk, kami ada pengadaan etanol untuk entertainment. Seperti di bar itu ada yang dibakar, show, tidak untuk makanan atau minuman," jelasnya.

Robert tak menjawab saat ditanya kemungkinan kebobolan cairan berbahaya tersebut. Menurut dia, aparat kepolisian lebih mengetahui asal metanol yang ada di Vasa Hotel.

"(Kebobolan metanol) kami enggak tahu, itu pihak kepolisian lebih tahu dari kami. Terus terang kami di sini mensupport polisi, polisi minta apapun kami persilakan," ujarnya.

Lebih lanjut, Robert mengatakan, Vasa Hotel hingga sekarang masih menyiapkan santunan kepada keluarga ketiga korban tewas, yakni Wiliam Adolf Refly, Indro Purnomo, dan Reza Ghulam.

"Jumlahnya nanti pasti kami diskusikan dulu dengan tim internal kami. Tapi tentu tanda perhatian, support dan tanda kasih, tentu akan kami ke sana (keluarga korban)," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Kombes Pol Pasma Royce Kapolrestabes Surabaya mengatakan, bartender yang ditetapkan tersangka adalah, Arnold Zadrach Sitaniya (27) warga Kecamatan Karangpilang.

Tersangka diduga membagikan barang atau zat mematikan di dalam campuran miras, meskipun mengetahui berbahaya bagi nyawa orang lain, hingga menyebabkan korban meninggal dunia.

Selain itu, Arnold telah memberikan miras bermerek Sky Vodka 12 botol dan Bacardi sebanyak 12 botol kepada ketiga korban, Wiliam Adolf Refly, Indro Purnomo, dan Reza Ghulam.

"Terhadap minuman tersebut bartender menyajikan dengan cara mencampurkan ke dalam carafe atau teko ukuran 750 ml," kata Pasma, di Mapolrestabes Surabaya, Jumat (5/1/2024).

Pasma mengungkapkan, tersangka sengaja mencampurkan cairan metanol sebanyak 100 mililiter, miras merek Bacardi 376 mililiter, dan Cranberry Juice 375 mililiter, dalam teko pertama hingga keempat.

Kemudian, Arnold menyajikan campuran metanol 100 mililiter, ditambah Sky Vodka sebanyak 375 mililiter, serta Cranberry Juice 200 mililiter, ke teko lima dan enam baru disajikan.

Terakhir, teko ketujuh hingga sembilan dicampurkan metanol 200 mililiter, ditambah Sky Vodka sebanyak 375 mililiter, serta Cranberry Juice 200 mililiter, dan diberikan ke sembilan anggota band.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/09/055331378/tiga-pemain-band-tewas-usai-tenggak-miras-di-bar-surabaya-manajemen-hotel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke