Salin Artikel

Pohon Jati di SMAN 1 Situbondo Ditebang, Ratusan Siswa Demo Menuntut Kepsek Dicopot

Mereka menuntut kepala sekolah dicopot dari jabatannya setelah beberapa pohon jati ditebang demi program pembangunan.

Bagus Riski Mahardika, salah satu siswa di SMAN 1 Situbondo, menyatakan kebijakan kepala sekolah dinilai sangat merugikan karena telah menebang beberapa pohon.

Protes yang dilakukan para siswa tersebut mendapat dukungan beberapa guru. Tetapi sikap dukungan para guru malah mendapat intimidasi dari kepala sekolah.

"Tindakan ini dilakukan karena kebijakan kepala sekolah yang merugikan SMAN 1 Situbondo."

"Saat ini kami satu suara untuk memintanya turun dari jabatannya, selain merugikan siswa ada beberapa guru yang mendapat intimidasi," ujar Bagus pada Kamis (4/1/2024).

Dia juga menyatakan para siswa yang bergerak melakukan demo merasa terketuk karena ada beberapa guru yang diintimidasi kepala sekolah. Harapannya, demonstrasi tersebut membuat perubahan lebih baik.

Dalam aksi tersebut mereka juga membawa tulisan aksi protes seperti "Tak Perlu Banyak Kata-Kata yang Penting Bukti Nyata", "Pantes Bukan Adiwiyata".

Kepala Sekolah SMAN 1 Situbondo Martha Mila Suhesti ketika dihubungi belum bisa mengonfirmasi terkait adanya peristiwa para siswa melakukam demo tersebut.

Sementara itu Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Situbondo dan Bondowoso, Slamet Riyadi menyatakan demonstrasi siswa di SMAN 1 Situbondo adalah bentuk tindakan miskomunikasi.

"Peristiwa tersebut adalah miskomunikasi dari atas ke bawah, namun sudah kami redam."

"Langkah ke depan akan kami lakukan penanaman pohon kembali kemungkinan pada Senin minggu depan," ucapnya pada Jumat (5/1/2024).

Menurutnya, peristiwa tersebut menarik perhatian publik karena dinilai berlarut-larut.

Jadi, ke depannya komunikasi dari atas ke bawah harus diperbaiki dan tidak boleh terjadi kembali.

"Akibat peristiwa tersebut saya banyak ditelepon alumni SMAN 1 Situbondo supaya permasalahan ini cepat selesai, ya dimaklumi karena alumninya banyak," tuturnya.

Ketua Komisi IV DPRD Situbondo, Sahlawi menyatakan, jenis pohon yang ditebang yakni pohon jati yang terletak dibeberapa titik halaman sekolah.

Pemotongan dilakukan karena menghambat pembangunan selokan yang telah dibangun.

"Setahu saya ada 4 pohon jati yang ditebang karena menghambat pembangunan," ucap Sahlawi ketika dihubungi.

Dia menyatakan bahwa Kepala Sekolah SMAN 1 Situbondo sudah meminta izin kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Situbondo untuk melakukan pemotongan. Jadi, tindakan yang dilakukan sudah melalui proses diskusi.

"Sebelum memotong sudah meminta izin ke DLH Situbondo untuk melakukan penebangan, kalau tidak ditebang maka merusak ke bangunan sekolah itu," ucapnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/05/174833778/pohon-jati-di-sman-1-situbondo-ditebang-ratusan-siswa-demo-menuntut-kepsek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke