Salin Artikel

Relawan Gareng Ngawi Tangkap Ular Piton Sepanjang 5 Meter yang Santap 7 Anak Ayam

Ketua Relawan Gareng Broto Hartono mengatakan, warga Desa Pucangan melaporkan hal tersebut saat melihat ular piton itu melingkar di kandang ayam miliknya usai menyantap 7 ekor anak ayam.

"Pemilik ayam tahunya pagi hari, ular sepanjang 5 meter tersebut melingkar di kandang ayam miliknya." 

"Kemungkinan setelah memangsa 7 ekor anak ayam dia (ular) kekenyangan,” ujarnya ditemui di Posko Relawan Gareng di Desa Ngrambe, Jumat (5/1/2023).

Broto menambahkan, untuk menangkap ular piton dengan berat lebih dari 13 kilogram tersebut, dia dibantu istri dan anaknya yang juga merupakan relawan Gareng.

Ular yang bersembunyi di dalam kotak kayu tersebut berhasil dievakusi dan saat ini masih ditempatkan di kandang ular yang berada di pos relawan Gareng.

“Kami amankan sementara di kandang di sini. Kami punya 5 kandang untuk menampung ular yang berhasil kami evakuasi sebelum kami rilis,” imbuhnya.

Relawan Gareng yang memiliki anggota sebanyak 20 orang tersebut mencatat, salama 4 bulan terakhir telah mengevakuasi 40 ekor ular piton dan ular jenis lainnya dari berbagai ukuran.

Terbatasnya kandang ular yang mereka miliki membuat Relawan Gareng memilih secepatnya merilis kembali ular ular tersebut ke lokasi yang jauh dari permukiman warga.

“Empat bulan terakhir cuacanya gerah, jadi ular senang dengan cuaca seperti itu sehingga tidak heran banyak laporan warga terkait ular yang berkeliaran." 

"Memang untuk kawasan lereng Gunung Lawu di sini jenis ularnya tidak beracun seperti ular piton,” ucapnya.

Selain dirilis di hutan yang jauh dari permukiman, ular-ular yang dievakuasi Relawan Gareng juga diserahkan kepada komunitas pecinta ular untuk sementara waktu dipelihara agar siap dirilis di kawasan hutan.

“Keterbatasan peralatan dan kandang membuat kami secepatnya merilis atau bekerja sama dengan komunitas pecinta binatang,” pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/05/164219078/relawan-gareng-ngawi-tangkap-ular-piton-sepanjang-5-meter-yang-santap-7

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke