Salin Artikel

Misteri Kematian 2 Perempuan di Antara Puluhan Anjing dan Kucing di Kota Blitar

Rumah tersebut juga digunakan sebagai tempat penitipan hewan piaraan. Saat penemuan mayat, diperkirakan ada lebih 50 ekor anjing dan 20 kucing di tempat tersebut.

Penemuan mayat tersebut berawal saat warga yang mengeluhkan bau busuk dari rumah tersebut.

Pada Senin sore sekitar pukul 17.00 WIN, ketua RT setempat, Siswanto dan warga membuka paksa pintu gerbang rumah yang sudah dipenuhi puluhan anjing dan kucing.

Saat dicek, ada satu mayat di bagian depan rumah. Sementara satu mayat lainnya ditemukan di bagian dalam rumah.

Dua mayat tersebut ditemukan dalam kondisi membusuk dan diperkirakan meninggal 3 hari sebelum ditemukan.

Diduga kuat, kedua korban tewas dibunuh. Polisi [un turun tangan melakukan penyelidikan.

Kata Siswanto, keberadaan shelter anjing dan kucing di lingkungan tersebut sangat mengganggu karena berada di pemukiman padat penduduk.

“Tidak pernah izin. Orangnya (Ragil) juga tidak pernah bersosialisasi dengan lingkungan tetangga. Tertutup. Padahal suara gonggongan anjing ini sangat mengganggu,” tuturnya.

Sementara korban kedua adalah Luciani Santoso (53), pekerja di tempat itu yang tercatat sebagai warga Kota Surabaya, Jawa Timur.

Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setiyo PS mengatakan bahwa rumah penitipan hewan yang terletak di Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar itu dihuni oleh tiga orang.

Selain dua korban, lanjutnya, terdapat satu orang laki-laki berinisial AF (21).

“AF bekerja di rumah itu untuk membantu mengurus hewan-hewan di shelter milik korban Ragil,” tuturnya. Danang mengatakan bahwa polisi sedang meminta keterangan pada AF.

Terkait hasil olah TKP, kata Danang, polisi menemukan beberapa fakta di lokasi. Polisi tidak menemukan tanda-tanda pembobolan maupun perusakan pintu di lokasi.

Namun, ada beberapa barang tidak ditemukan saat olah TKP di lokasi. Sejumlah barang yang hilang, antara lain ponsel korban dan DVR (digital video recorder) kamera CCTV.

Rumah itu dipasangi beberapa kamera CCTV yang diperkirakan untuk memantau kondisi hewan peliharaan anjing dan kucing.

"DVR CCTV tidak ada di lokasi, sedang kami cari," katanya.

Selain itu, polisi juga menemukan benda tajam di lokasi yang diduga untuk menganiaya korban.

"Kami temukan dalam olah TKP ada beberapa benda lain, baik itu benda tajam yang diduga digunakan untuk menganiaya, karena di tubuh korban ditemukan beberapa luka," ujarnya.

"Kami menunggu tim RS Bhayangkara Kediri untuk melakukan otopsi kedua jenazah tersebut. Hasil autopsi nanti kami cocokan dengan hasil olah TKP," lanjutnya.

Ia mengatakan saksi F diamankan polisi di wilayah Kediri.

"Saksi yang sudah diperiksa lima orang. Terutama untuk AF sedang kami periksa secara intensif," lanjutnya.

Danang menjelaskan, AF merupakan karyawan terakhir di rumah itu. Berdasarkan keterangan saksi, kedua korban masih terlihat di rumah sebelum Tahun Baru.

"Sedang untuk satu korban (Luciani) kami belum tahu hubungannya dengan korban Ragil, tapi dia juga tinggal di rumah itu," katanya.

"Soal penitipan anjing dan kucing, sementara keterangan RT dan RW tidak lapor. Tetangga juga banyak yang komplain soal itu. Jumlah anjingnya banyak, puluhan, kami belum hitung. Rencananya besok kami carikan pawang anjing, lalu kami serahkan ke pemiliknya. Karena semua anjingnya titipan dari orang lain," ujarnya.

Terkait hal tersebut, sejumlah aktivis pecinta hewan dari sejumlah daerah turut membantu merawat puluhan anjing dan kucing yang ada di rumah penitipan dan penampungan hewan tersebut.

Pelatih anjing asal Blitar yang menjadi penanggungjawab pengurusan puluhan hewan di shelter Ragil, Prima Yudhistira mengatakan bahwa sejumlah aktivis pecinta hewan termasuk dari Jakarta akan membantu pengurusan dan perawatan anjing dan kucing tersebut.

“Teman-teman dari berbagai daerah sedang perjalanan ke sini. Mereka akan membantu mengurus hewan-hewan yang ada di dalam,” ujar Prima kepada Kompas.com, Selasa (2/1/2024).

Menurut Prima, solidaritas aktivis pecinta hewan tidak hanya datang dari wilayah Blitar dan sekitarnya, tetapi juga dari Jakarta.

“Dua tim animal rescue dari Jakarta sudah menuju ke Blitar. Mungkin sebentar lagi sudah tiba,” tuturnya.

Ia mengatakan shelter (penitipan dan penampungan) milik Ragil tersebut dikenal dengan nama Sahabat Soekarno Shelter.

Saat ini terdapat lebih dari 50 ekor anjing dan sekitar 20 ekor kucing berada di shelter hewan milik Ragil.

Prima juga menjelaskan pihaknya akan mendata seluruh hewan yang ada dan menemukan pemilik dari hewan-hewan tersebut.

Menurut Prima, mayoritas dari hewan yang ada di shelter milik Ragil adalah hewan titipan.

“Kebanyakan ini titipan. Jadi ada pemiliknya. Nah, kita akan data semua dan cari pemiliknya,” tuturnya.

Jika pemilik hewan piaraan itu sudah ditemukan, lanjutnya, para aktivis akan menyerahkan hewan itu kepada yang berhak.

Meski demikian, proses mengidentifikasi dan menemukan pemilik ini tidak sederhana karena membutuhkan pembuktian.

“Jangan sampai nanti terjadi konflik karena ada klaim-klaim kepemilikan hewan yang tidak dapat dibuktikan,” tuturnya menggambarkan kerumitan pengembalian anjing dan kucing.

Menurutnya, sejumlah pemilik anjing dan kucing di shelter Ragil adalah orang luar kota atau warga Blitar yang sedang bertugas di luar kota.

Prima mengaku sudah dihubungi sejumlah orang yang mengaku sebagai pemilik sejumlah anjing yang berada di shelter Ragil.

“Ada yang dari Jakarta mengaku menitipkan anjing di shelter ini. Dia berjanji segera ke Blitar untuk mengambil anjingnya,” kata dia.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Asip Agus Hasani | Editor: Gloria Setyvani Putri, Khairina, Phyatg Kurniati), Surya.co.id

https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/02/201200578/misteri-kematian-2-perempuan-di-antara-puluhan-anjing-dan-kucing-di-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke