Salin Artikel

Pelaku Mutilasi di Malang Sempat Perlihatkan Potongan Tubuh Korban ke Tetangga

KOMPAS.com - Kasus mutilasi di Malang, Jawa Timur, bikin gempar warga.

Peristiwa ini terjadi di sebuah rumah di Jalan Serayu RT 002 RW 004, Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.

Korban, Ni Made Sutarini (55), dibunuh suaminya, James Lodewyk Tomatala (61). Usai merenggut nyawa, James memutilasi jasad sang istri.

Kasus ini terungkap pada Minggu (31/12/2023). Di hari itu, pelaku menyerahkan diri ke kantor polisi.

Sebelum menyerahkan diri, James sempat meminta tolong kepada seorang tetangganya, Edi Suwito.

"Saya sempat dimintai bantuan, 'Tolong angkat barang'. Saya ndak punya pikiran apa-apa, saya kira kursi atau lemari," ujarnya, Minggu, dikutip dari Kompas TV.

"Saya ngomong, 'Alhamdulillah kalau sudah pulang'," ucap Edi.

Namun, peristiwa yang terjadi selanjutnya, membuat Edi ketakutan. Kala itu, pelaku sempat memperlihatkan potongan tubuh korban yang dimasukkan dalam ember.

"Setelah itu ditunjuki, 'Itu lho istri saya'. Saya langsung lemes," ungkapnya.

Seusai mengetahui itu, Edi berusaha kabur dari rumah pelaku.

"Saya mau lari, dia tanya, 'Kate nang ndi (mau ke mana)?'. Saya berhenti. Kan di sebelah banyak benda-benda tajam. Takutnya kalau saya lari, dipukul," tutur Edi.

Sewaktu pelaku lengah, Edi akhirnya berhasil keluar dari rumah itu.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Malang Kota Kompol Danang Yudanto mengatakan, potongan-potongan tubuh korban ditemukan dalam sebuah ember yang berada di halaman rumah.

Di sekitar potongan tubuh korban, polisi menemukan sejumlah barang yang diduga berkaitan dengan kasus mutilasi ini, antara lain benda tajam dan kantong plastik.

"Selain itu juga ada kantong plastik yang diduga disiapkan oleh pelaku untuk membuang jenazah korban," terangnya, Minggu.

Adapun soal motif pembunuhan dan mutilasi diduga dipicu persoalan rumah tangga.

"Motifnya permasalahan rumah tangga. Karena si istri sudah lama tidak kembali ke rumah. Namun kemarin itu, Sabtu (30/12/2023), korban kembali ke Malang untuk mengikuti suatu kegiatan," jelasnya.

Pada Sabtu itulah pelaku membunuh sang istri.

Danang menuturkan, James, pelaku mutilasi di Malang, telah mengakui perbuatannya. Polisi kini sedang memeriksa James dan mengagendakan bakal mengecek kondisi kejiwaan pelaku.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Nugraha Perdana | Editor: Pythag Kurniati), Kompas TV

https://surabaya.kompas.com/read/2024/01/01/165207978/pelaku-mutilasi-di-malang-sempat-perlihatkan-potongan-tubuh-korban-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke