Salin Artikel

Antisipasi Kecurangan Pemilu, Cak Imin Klaim Paslon Amin Punya 1.500 Advokat

Hal ini disampaikan Cak Imin usai menghadiri agenda rembug rakyat bersama para petani tambak dan warga di Desa Tanggulrejo, Kecamatan Manyar, Gresik, Jawa Timur, Jumat (29/12/2023).

"Pertama ada badan saksi dari semua partai pendukung dan relawan, ini sudah mulai bekerja dan sudah mulai dilatih," katanya.

"Kedua kita akan menjadi pemantik masyarakat, masyarakat kita jadikan agen-agen pengawasan menggunakan handphone, kamera, laporan-laporan yang diambil," tuturnya. 

Tidak hanya itu, dia mengatakan pihaknya juga memiliki 1.500 kuasa hukum di tingkat pusat, yang siap membantu dan mendukung paslon Amin dalam Pemilu 2024.

Adapun para kuasa hukum ini, tidak segan bakal turun hingga pelosok desa di seluruh Indonesia untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat.

"Untuk advokat, kita sudah punya 1.500 di tingkat pusat, yang sudah bekerja secara sistem dengan turun langsung membangun cabang-cabang advokat di seluruh kota/kabupaten," ucap Cak Imin.

"Advokat kita akan digerakkan sampai tingkat desa. Ini yang akan dijadikan sebagai pemantik, sekaligus tempat pelaporan kecurangan. Ini sudah mulai bekerja, Insya Allah advokat-advokat jujur, tidak dibayar bekerjanya akan lebih fight," kata Cak Imin.

"Beberapa orang kami didatangi, diberi uang besar. Tidak usah membantu mereka, tapi cukup tidak membantu paslon Amin. Tergantung (jumlah uang) setiap tokoh kami itu berbeda-beda," tutur Cak Imin.

Cak Imin juga menyayangkan apa yang sempat terjadi. Menurutnya, apa yang dialami oleh tokoh pendukung paslon Amin tersebut kurang pantas.

Sebab, cara-cara seperti tersebut, sudah tidak lagi lazim dan cenderung merusak sistem demokrasi yang sudah lama terbentuk di Indonesia.

"Cara-cara seperti itu menurut saya tidak sehat, biarkanlah semua bergerak sesuai aspirasi," ucap Cak Imin.

Adapun Cak Imin menambahkan, baru menerima kabar tersebut sebatas cerita dari sebagian tokoh pendukung paslon Amin yang sempat didatangi. Pihaknya sudah siap membantu pendampingan bila memang bukti kuat telah didapatkan.

"Kalau itu nanti datanya lengkap (bakal dilaporkan), karena beberapa tokoh itu nggak mau melaporkan hanya memberi data. Nanti kita cek," kata Cak Imin.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/12/30/063122678/antisipasi-kecurangan-pemilu-cak-imin-klaim-paslon-amin-punya-1500-advokat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke