Salin Artikel

Cak Imin: Saya 20 Tahun bersama Pemerintahan, Kesimpulannya Minimalis Terus

Rombongan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar tiba di lokasi acara sekira pukul 14.00 WIB.

Kedatangan Capres dan Cawapres nomor urut 1 tersebut disambut oleh KH Fatchul Huda, mantan Bupati Tuban sekaligus pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Huda Kabupaten Tuban. 

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menyempatkan menyapa para pendukungnya yang sudah menunggu kehadirannya sejak siang. 

Cawapres Muhaimin Iskandar mengatakan, sebagai Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dirinya memiliki tanggung jawab perjuangan politik Ahlussunnah Waljamaah dan Nahdlatul Ulama.

Cak Imin mengatakan telah 10 tahun ikut mendukung dan berusaha mengawal pemerintahan mulai era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan 10 tahun era Presiden Joko Widodo.

"Saya merasa selama 20 tahun bersama pemerintahan, kesimpulannya ya minimalis terus, harus menerima seadanya," kata Muhaimin Iskandar dalam pidatonya, Jumat (29/12/2023).

Dia pun terus bergerak mencari jalan hingga akhirnya dipertemukan dengan Anies Baswedan. Keduanya pun berpasangan sebagai Capres dan Cawapres 2024 dan mengusung perubahan. 

"Masalah pupuk sulit, pengangguran banyak, harga bahan pokok mahal, masak kayak gini mau diteruskan. Makanya perlu perubahan," ujarnya.

Sebetulnya saat reformasi dulu, kata Cak Imin, dirinya bersama Anies Baswedan pernah berjuang untuk perubahan mengganti dari era orde baru menjadi orde demokrasi.

"Hari ini kami berdua reunian untuk perubahan jilid dua bagi Indonesia masa depan," tuturnya. 

Anies Baswedan menambahkan, selama ini permasalahan pupuk seringkali dikeluhkan oleh para petani yang ditemui saat turun ke lapangan.

Karenanya, permasalahan pupuk akan menjadi prioritas utama yang harus ditangani segera saat nanti dirinya terpilih menjadi Presiden. 

"Kita ingin sektor pertanian beres, sesungguhnya itu bukan hal yang sulit, cuma tidak ditangani dengan serius," kata Anies Baswedan di hadapan ribuan pendukungnya. 

Selanjutnya, program bantuan sosial bagi warga kurang mampu yang masih menyisakan persoalan akan diperbaiki dengan program bantuan sosial plus. 

Menurutnya program Bantuan Sosial (Bansos) plus itu nantinnya jumlahnya bertambah dan jumlah penerimanya diperbanyak. 

Sebab, faktanya saat ini banyak masyarakat kurang mampu yang belum terima bantuan sosial, padahal mereka sebetulnya berhak dan layak menerima bantuan sosial.

Selain itu, program bantuan sosial plus juga ada penambahan pelayanan dan pelatihan keterampilan bagi penerima bantuan supaya bisa usaha mandiri dan bisa naik kelas.

"Nanti bantuan sosial itu memang akan berubah, dan berubahnya bukan hilang, tapi berubah plus namanya bantuan sosial plus," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/12/29/210159678/cak-imin-saya-20-tahun-bersama-pemerintahan-kesimpulannya-minimalis-terus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke