Salin Artikel

Tokoh Masyarakat Korban Penembakan OTK di Sampang Alami Cedera Saraf

Dokter penanggung jawab pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soetomo Surabaya Tomy Lesmana mengatakan, Muarah tengah menjalani perawatan di low care unit.

Pasien juga masih memulihkan cedera yang dideritanya.

“Pasien sedang perawatan sequelae, gejala sisa, cederanya masih, gangguan pada persarafan yang menyebabkan pasien masih tidak bisa menggerakkan kaki,” kata Tomi di RSUD dr. Soetomo, Jumat (29/12/2023).

Relawan pasangan calon (paslon) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka itu diperkirakan menghabiskan waktu sekitar dua bulan untuk menyembuhkan sejumlah luka-lukanya.

“Penyembuhan (pada saraf) rata-rata akan terjadi dalam (jangka waktu) bulan, pemulihan saraf rata-rata terjadi dalam bulan,” jelasnya.

Namun, Tomy belum mengetahui kapan pasien akan mulai bisa menggerakan kakinya yang mengalami kelumpuhan.

Pasalnya, tidak ada parameter yang menentukan Muarah akan pulih total atau tidak.

“Memang tidak ada parameter faktor prognosis, jadi yang bisa diikuti adalah bagaimana perjalanannya apakah nantinya sudah sesuai dengan progres yang baku,” ucapnya.

Muarah saat ini juga masih harus menjalani perawatan fisioterapi, dengan dampingan tim dokter untuk mengobati gangguan fungsional di sistem sarafnya.

Lebih lanjut, tim dokter juga akan memberikan perawatan psikologis pasien.


Kondisi psikis Muarah juga sangat rentan terserang, karena harus memberikan keterangan terkait peristiwa penembakan yang dialaminya.

“Secara psikis dan secara wawancara dengan saya memungkinkan sebenarnya. Tapi saya masih meminta pendapat dari (dokter) spesialis jiwa, apakah beban investigasi memperparah trauma psikisnya," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Muarah, tokoh masyarakat Desa Banyuates, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, menjadi korban penembakan orang tidak dikenal di depan sebuah toko pada Jumat (22/12/2023) sekitar 09.30 WIB.

Akibatnya, korban mengalami luka tembak di punggung dan paha. Saat ini korban dirawat di RS Dr Soetomo, Surabaya.

Sementara itu pada Senin (25/12/2023), Tim Penasehat Prabowo-Gibran, Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoedin sempat menjenguk korban di RS Dr Soetomo, Surabaya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/12/29/192745578/tokoh-masyarakat-korban-penembakan-otk-di-sampang-alami-cedera-saraf

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke