Salin Artikel

Hadiri Perayaan Natal Nasional di Surabaya, Jokowi: Jaga Toleransi Jelang Pemilu

Hal tersebut diungkapkan Jokowi, ketika memberikan sambutan dalam perayaan yang digelar di Gereja Grha Bethany, Jalan Nginden Intan Timur, Sukolilo, Surabaya, Rabu (27/12/2023) malam.

"Sebentar lagi kita akan menyelenggarakan Pemilu, kita harus terus menjaga toleransi, menjaga persatuan, perdamaian," kata Jokowi, dalam sambutanya.

Jokowi menyebut, perbedaan pilihan politik merupakan hal yang wajar terjadi selama Pemilu. Oleh karena, masyarakat harus mengingat pentingnya untuk saling menghargai.

"Kita diperstaukan oleh kepentingan lebih mulia, menjaga persatuan, kesatuan, perdamaian, kegotong royongan, kepentingan kemanusiaan, serta bersama-sama memajukan negara Indonesia," jelasnya.

Presiden RI ke-7 itu mengungkapkan, Indonesia merupakan negara besar dengan banyak suku dan bahasa. Dia pun bakal menyusuri seluruh pulau yang ada di tahun 2024, mendatang.

"Perlu saya ingatkan, negara kita ini negara besar, memiliki 714 suku dan lebih dari 1.300 bahasa daerah. Betapa kita itu sangat-sangat beragam," ucapnya.

"Saya bisa berbicara seperti ini karena hampir 85 persen daerah di seluruh tanah air, sudah saya kunjungi, kurang 15 persen. Akan saya selesiakan di 2024," tambah Jokowi.

Dengan demikian, Jokowi berharap, dengan Perayaan Natal 2023 ini, masyarakat bisa semakin beragama dengan moderat. Terutama menjelang Pemilu yang akan digelar 2024 mendatang.

"Semangat inilah yang harus kita pupuk, semangat untuk bersikap moderat dalam beragama, dan meletakkan kepentingan bangsa bagian dari keimanan kita. Walaupun kita sedang memasuki tahun politik," tutupnya.

Diketahui, sejumlah menteri yang ada di Kabinet Indonesia Maju juga mengahadiri acara tersebut. Beberapa di antaranya, yakni Menhan Prabowo Subianto, dan Menkopolhukam, Mahfud MD.

Rombongan tersebut tampak menyalami dan berfoto dengan sejumlah jemaah yang turut hadir dalam perayaan itu. Kemudian, mereka baru duduk di sofa yang ada di depan panggung utama.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/12/27/214540378/hadiri-perayaan-natal-nasional-di-surabaya-jokowi-jaga-toleransi-jelang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke