Salin Artikel

Wapres Protes Keras Usai RS Indonesia di Gaza Dikuasai Israel

Hal itu diungkapkan Ma’ruf, usai menghadiri pelantikan Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jatim, periode 2023-2028 di Gor Basket Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

“Ya pemerintah sangat protes, tidak menyukai. Karena apa? Karena itu kan untuk fasilitas pelayanan kepada masyarakat. Saya kira itu," kata Ma’ruf di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (23/12/2023).

Ma’ruf mengatakan pasukan pertahanan Israel alias Israel Defense Forces (IDF) sudah melanggar aturan hukum internasional karena telah menjadikan rumah sakit sebagai markas.

"Saya kira itu (pasukan Israel) tidak punya etika lah. Rumah sakit kok dirampas (untuk perang)," jelasnya.

Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu mengungkapkan, seharusnya rumah sakit tetap menjadi lokasi pelayanan kesehatan. Sebab, banyak korban yang harus mendapat perawatan.

"Mestinya rumah sakit itu dibiarkan melayani korban-korban itu, jangan jadi markas tentara. Itu sudah melanggar aturan," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia pada Rabu (20/12/2023) mengatakan, Israel menggunakan Rumah Sakit Indonesia di Gaza utara sebagai markas militernya.

Sebelumnya, pada 6 November 2023 Israel menuduh Hamas menggunakan RS Indonesia sebagai markas dan memiliki terowongan di bawahnya.

MER-C keesokan harinya membantah, kemudian dalam konferensi pers terbaru disebutkan bahwa Israel telah mendudukinya.

"Sekitar dua minggu yang lalu sampai dengan hari ini, Israel menempatkan pasukannya, tempat berlindung dan markasnya, itu di Rumah Sakit Indonesia yang dulu tanggal 6 (November) mereka menuduh bahwa di situ adalah markas Hamas dan ada orang Hamas di situ," kata Ketua Presidium MER-C dr Sarbini Abdul Murad dalam konferensi pers yang disiarkan di media sosial.

"Nah, sekarang mereka menempatkan pasukan di situ sebagai perisai dari serangan Hamas," lanjutnya.

Sarbini menambahkan, Israel gagal menaklukkan Gaza utara sehingga tidak ada tempat aman bagi IDF (tentara Israel) untuk bersembunyi, berlindung, dan melakukan koordinasi.

"Harapan mereka (IDF) itu adalah bahwa Hamas akan ragu atau tidak mungkin menyerang dengan senjata-senjata perang ke tempat perlindungan Israel di Rumah Sakit Indonesia," terangnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/12/23/145403778/wapres-protes-keras-usai-rs-indonesia-di-gaza-dikuasai-israel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke