Salin Artikel

Cak Imin Ingin Bangun 40 Kota Selevel Jakarta, PKB Jatim: Bukan Berarti Bikin Jakarta di Tempat Lain

Halim mengatakan, pernyataan Cak Imin dalam debat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) itu adalah sebuah obsesi, untuk membuat sebuah daerah menjadi kota besar seperti Jakarta.

"Ya itu kan obsesi, tapi kan begini, supaya kota besar di Indonesia itu tidak hanya Jakarta," kata Halim, di Kantor DPW PKB Jatim, Jumat (22/12/2023) malam.

"Selama ini kan (kota besar ada) Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandung, Medan, kemudian Aceh, Lampung sudah agak jauh, Palembang lumayan, di timur Makassar," tambahnya.

Pengarah Utama Timprov Anies Baswedan-Cak Imin (Amin) Jawa Timur tersebut menekankan, adiknya tidak akan membuat Jakarta di daerah lain tapi pemerataan wilayah.

"Bukan (berarti) bikin Jakarta di tempat lain, itu pasti enggak mungkin, karena penduduknya berbeda, lahannya berbeda," jelasnya.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi itu mengungkapkan, salah satu pemerataan yang dimaksud tersebut di sektor ekonomi masyarakat.

"Sekarang kekayaan Indonesia 51 persen dikuasai oleh 18 pengusaha, artinya ke depan itu harus lebih merata lagi dengan adanya pengusaha-pengusaha baru," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar menginginkan membangun 40 kota baru selevel DKI Jakarta.

Hal ini disampaikan pria yang akrab disapa Cak Imin terkait masalah perkotaan yang akan dihadapi di masa yang akan datang.

“Dalam rangka agar tidak terjadi penumpukan penduduk di dalam satu perkotaan maka pembangunan perkotaan harus dibikin rata di berbagai tempat,” kata Cak Imin dalam debat Cawapres di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (22/12/2023).

“Kami memiliki satu tekad bahwa di dalam pemerintahan yang akan datang minimal harus dibangun 40 kota baru yang selevel dengan Jakarta,” ucapnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/12/23/090030078/cak-imin-ingin-bangun-40-kota-selevel-jakarta-pkb-jatim-bukan-berarti-bikin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke