Salin Artikel

Akhir Pelarian Komplotan Pencuri Traktor di Banyuwangi, Diringkus setelah Beraksi di 70 TKP

Polisi berhasil menangkap sedikitnya sembilan orang tersangka yang beraksi di 70 tempat kejadian perkara (TKP) di Banyuwangi.

Tiga orang pelaku utama adalah MT (45), MW (33) dan HD (44) warga Kecamatan Licin dan Glagah, sedangkan enam orang lainnya berperan sebagai penadah.

"Sembilan orang yang kami tangkap merupakan para komplotan atau sindikat pencuri yang sudah mahir dalam beraksi," kata Wakapolresta Banyuwangi AKBP Dewa Putu Eka Darmawan, saat press release di Mapolresta Banyuwangi, Kamis (14/12/2023) sore.

Menurut Dewa, 70 TKP yang menjadi lokasi pencurian tersebut tersebar di Banyuwangi. Mulai wilayah Kecamatan Kabat, Singojuruh hingga Licin.

"Iya, jadi periode Januari hingga Desember. Ada 65 hingga 70 TKP yang disasar," tuturnya.

Dewa mengatakan bahwa kasus pencurian mesin bajak sawah alias traktor tersebut menjadi atensi Polresta Banyuwangi.

"Ini perkara kasus yang serius dan salah satu atensi polisi. Sudah lebih dari 40 petani yang melapor ke kami," ungkap Dewa.

Dalam menjalankan aksinya, lanjut Dewa, para pelaku hanya bermodal kunci mesin dan menyewa mobil untuk mengangkut barang hasil curiannya.

"Jadi sebelum mencuri, mereka sudah punya target barang yang akan diambil. Mereka lalu survei ke lokasi yang menjadi target, menggunakan mobil," ungkap Dewa.

Cara yang digunakan pelaku terbilang cerdik. Mesin pembajak sawah yang diambil, sengaja dipisahkan dengan cara melepas mesin dari body-nya.

"Mereka gunakan peralatan yang sudah disiapkan. Setelah berhasil kemudian dipindahkan ke dalam mobil," ucap Dewa.

Untuk mengelabui konsumen dan petugas, hasil barang curian dijual secara terpisah. Mulai dari roda, mesin, hingga alat-alat lainnya.

"Mereka jual kepada penadah yang berada di luar kota, seperti Kabupaten Situbondo dan Bondowoso," ujarnya.

Atas perbuatannya tersebut, ketiga pelaku utama itu terancam hukuman penjara selama lima tahun. Pelaku lain, sebagai penadah diancam hukuman penjara enam bulan.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/12/15/061914478/akhir-pelarian-komplotan-pencuri-traktor-di-banyuwangi-diringkus-setelah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke